Kades Sukawangi Desak Pemkab Bogor Perbaiki Jalan Rusak

by -

METROPOLITAN – Niat Pe­merintah Desa (Pemdes) Su­kawangi, Kecamatan Sukamak­mur, mampu mewujudkan mimpi ribuan warganya yang ingin melintas di atas jalan yang mulus sepertinya masih jauh dari harapan. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak jalur milik petinggi daerah yang menjadi benalu atau dibiarkan rusak sejak beberapa tahun terakhir di wilayahnya.

“Sejak beberapa tahun ter­akhir, dari 21 kilometer jalan rusak kewenangan Pemkab Bogor, hanya tinggal 6 kilo­meter lagi yang belum juga diperbaiki sampai saat ini. Kita berharap Pemkab Bogor segera memperbaiki jalan-jalan ini,” kata Kepala Desa Sukawangi, Endro Herma­wanto.

“Keberadaan jalan ini ber­dampak dan menghambat perbaikan jalan desa. Sebab, kita kesulitan mengirim se­jumlah bahan pembangunan untuk perbaikan jalan yang juga rusak,” sambungnya.

Menurutnya, tahun ini Desa Sukawangi mendapat ban­tuan dana dari Kementerian Desa (Kemendes) sekitar Rp2,1 miliar. Namun, anggaran per­baikan jalan hanya bisa dialo­kasikan Rp800 juta untuk empat kampung di Kampung Selawangi, Cipicung, Gunung­lega dan Cisuren.

“Tentunya kurang. Karena anggaran Rp800 juta itu hanya untuk memperbaiki jalan se­panjang 21 kilometer di 37 RT dan 7 RW. Sedangkan jika ditotalkan ada 61 kilometer yang dibutuhkan untuk per­baikan dengan jumlah 40 kampung di Desa Sukawangi. Kita berharap pemerintah se­gera membantu perbaikan jalan ini,” imbuhnya.

Apalagi, warga di Sukawangi mengekspos jalan rusak di desa. Hal ini dilakukan warga untuk membandingkan kon­disi jalan desa dengan desa lainnya. “Kalau jalan di desa lainkan volume jalannya se­dikit jadi nyari program itu terasa betul nah untuk desa Sukawangi saat ini dari jalan paling dekat itu adalah 5 sam­pai 600 meter yang lainya 2 atau 3 kilo,” tuturnya.

Di sisa masa jabatannya ha­bis pada 29 April 2020, Endro berharap pemerintah dapat terketuk hatinya untuk mela­kukan perbaikan jalan yang menjadi kewenangannya se­hingga perbaikan jalan desa pun dapat berjalan dengan lancara tanpa hambatan sa­masekali. (fad/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *