KAI Batalkan 19 Jadwal Kereta

by -

METROPOLITAN – PT Ke­reta Api Indonesia (KAI) men­gurangi jadwal perjalanan Kereta Api (KA) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam antisipasi penyebaran Covid-19.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, men­gatakan, ada 19 keberangkatan KA yang mengalami pemba­talan perjalanan pada jadwal keberangkatan 23 Maret hing­ga 1 April 2020.

”KA yang mengalami pem­batalan operasional ini meru­pakan KA yang memiliki jarak atau tujuan berdekatan, se­hingga calon penumpang me­miliki opsi KA lain jika harus melakukan perjalanan,” ujar Eva.

Jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, sambung dia, maka dapat dila­kukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen. ”Pembatalan tiket dengan peng­embalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal ke­berangkatan pada masa tang­gap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020,” ujar Eva.

Eva menyebutkan, hingga saat ini terhitung dari 1 Maret 2020 ada 71 ribu tiket yang telah melakukan proses pem­batalan tiket baik melalui on­line ataupun loket stasiun. ”Menghindari antrean atau penumpukan calon penum­pang yang ingin melakukan pembatalan, kami mengimbau agar melakukannya secara online,” katanya.

Eva menambahkan, peng­embalian tiket bisa dilakukan secara online melalui KAI Ac­ces meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjual lain. ”Yang terpenting, nomor identitas yang didaftar­kan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket,” ujar Eva. Bila tidak dapat mela­kukan pengembalian tiket se­cara online, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di sta­siun.(tib/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *