Kemendikbud Minta Upacara Wisuda Ditunda

by -

METROPOLITAN –Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam, menjelaskan kebijakan perguruan tinggi yang menunda upacara wisuda. Acara yang dihadiri banyak orang yang sangat rentan terjadi penyebaran corona.

”Wisuda juga sebaiknya dihindari sampai keadaan terkendali dengan baik. Yang harus dihindari adalah berkumpulnya orang dalam jumlah banyak dalam waktu lama,” kata Nizam merujuk Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan yang tercantum pada poin ke-16.

Nizam pun mendorong perguruan tinggi membentuk satuan tugas khusus antisipasi penyebaran dan penanganan Covid-19 di kampus masing-masing. ”Kampus-kampus dan civitas akademik dimohon bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS sesuai edaran dari Mendikbud dan menjadi duta PHBS di lingkungannya masing-masing,”bebernya.

Sekadar diketahui, penundaan wisuda di sejumlah perguruan tinggi sempat membuat calon wisudawan protes. Mereka juga mempertanyakan kebijakan tersebut, mengingat biaya administrasi sudah dibayarkan. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *