Komisi IV Minta Pihak Sekolah Bersihkan Ruangan Kelas

by -

METROPOLITAN – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, mengajak peng­elola sekolah maupun kantor di seluruh Indonesia mem­bersihkan lingkungan sekolah dan kantor masing-masing. Ini sebaiknya dilakukan di masa libur sekolah dan kan­tor selama 14 hari.

Menurutnya, percuma jika murid, siswa atau mahasiswa tidak ke sekolah atau ke kam­pus, tapi bangunan dan ling­kungan sekolah serta kam­pusnya tidak dibersihkan.

Begitu pula dengan bangu­nan dan lingkungan kantor, jika pegawai tidak masuk kantor tapi bangunan dan lingkungan kantornya tidak dibersihkan bakal sia-sia.

”Saya mengajak semua pihak membersihkan lingkungan sekolah dan kantor masing-masing agar program tidak ke sekolah dan ke kantor se­lama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona berjalan baik,” kata Dedi da­lam siaran persnya, Selasa (17/3). Terkait pembersihan lingkungan, ia pun turun langsung membersihkan ling­kungan dan menyemprotkan cairan disinfektan di Pasawa­han, Purwakarta, lokasi di mana ada warganya yang positif terpapar virus corona. Penyemprotan memakai disin­fektan ini biayanya murah. Cukup menggunakan deterjen atau bayclin lalu dicampur air secukupnya.

Dedi mengatakan, program 14 hari belajar dan bekerja dari rumah harus disertai rumusan yang jelas agar orang mematuhinya. Misalnya, jika pada waktu 14 hari ada anak yang hanya main game, keli­ling bersepeda motor atau nonton ke bioskop, harus ada hukuman dari gurunya.

Begitu pula jika ada pegawai di masa 14 hari ini ada yang keluyuran di bukan tempat kerjanya harus ada sanksi tegas dari pimpinannya.

”Program belajar dan be­kerja dari rumah selama 14 hari ini akan efektif jika semua orang disiplin. Makanya harus ada rumusan sanksi yang te­gas agar orang mematuhinya,” kata Dedi. (in/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *