Lawan Virus Corona Dulu, Masa Depan Kemudian

by -

METROPO­LITAN – Peba­lap Yamaha, Valentino Rossi, merasa masa de­pannya di ajang balap MotoGP saat ini bukanlah hal prioritas. Bagi pe­balap berusia 41 tahun itu, dirinya ingin fokus membantu memerangi wabah vi­rus corona terlebih dahulu.

Di negara asal Rossi, Italia, virus corona sudah menjadi persoalan yang sangat serius. Mengutip worldometer.info, ada 53.578 kasus virus corona di Italia dengan total korban tewas 4.825 pada Minggu (22/3).

Pemerintah Italia pun sudah mem­berlakukan lockdown. Rossi yang ting­gal di Tavullia menyebut kondisi di tanah kelahirannya seperti medan perang. Untuk meredakan kepanikan publik, The Doctor berusaha mem­bantu dengan memberi dukungan morel.

Dukungan materil pun diberikan oleh Rossi bersama timnya, VR46. Pemilik tujuh gelar juara dunia MotoGP ter­sebut menyumbangkan dana ke salah satu rumah sakit lokal untuk mem­bantu penanganan pasien virus co­rona.

”Di sini, Tavullia situasinya sulit. Sayangnya banyak orang sakit di sini dan juga di Pesaro. Kita semua harus bertahan, menunggu saat ini (wabah corona) berlalu,” kata Rossi.

”Kami memberi semangat kepada orang-orang di Bergamo dan Brescia. Saya melihat kondisi yang sangat buruk, seperti zona perang. Saya punya ba­nyak teman di sana dan saya meny­emangati mereka, padahal biasanya mereka yang mendukung saya,” sam­bungnya.

Virus corona yang sudah menjadi pandemi global juga memengaruhi jalanya MotoGP 2020. Setelah empat seri awal dibatalkan dan ditunda, ba­lapan musim ini dikabarkan bakal dimulai pada 3 Mei di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Namun, tak ada jaminan rencana ini berjalan sesuai waktu karena virus corona yang sudah semakin menyebar di Eropa. Alhasil, Rossi pun belum bisa menentukan masa depannya di MotoGP. ”Kondisi ini telah mengacau­kan rencana saya, kita harus tahu lebih dulu kapan bisa balapan. Hal ini tam­paknya akan memakan waktu lebih lama karena ada banyak kompetisi sepak bola di Eropa yang ditunda (ter­masuk Liga Champions dan Piala Eropa),” tutur Rossi. (kum/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *