Manfaat Kontak Kulit Bayi dengan Ayah

by -

METROPOLITAN – Selain ibu, ter­nyata ayah perlu melakukan skin to skin contact atau kontak kulit dengan bayi, Moms. Mengingat karena banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Begitu seperti dikutip dari laman Rom­per. Hal ini berdasar pada penelitian dari University of Notre Dame, Ame­rika Serikat.

Pertama, ketika ayah ikut menggendong atau memeluk bayi baru lahir, maka dapat mempengaruhi anak secara fisik dan mental. Laman Belly Belly juga melaporkan, interaksi antara ayah dan bayi ini bisa mempengaruhi kesehatan sosial dan emosional anak selama 10 tahun pertama bahkan lebih.

Kedua, kaitannya dengan per­kembangan kognitif si kecil.

Dilansir dari Family Included, dr She­faly Shorey dari National University of Singapore melakukan 12 studi di 10 negara maju, 1 di India dan 1 di Ko­lombia.

Hasilnya menunjukkan, ayah yang melakukan skin to skin contact dengan bayinya yang lahir kurang bulan, punya perilaku lebih peduli dan melakukan pendekatan yang lebih sensitif kepada bayi. Tak hanya itu saja, bayi prematur yang mendapat skin to skin contact dari ayah juga memiliki perkembangan kognitif yang lebih baik, Moms.

Ketiga, dapat membuat ayah rileks. Sebab, selama dan setelah melakukan skin to skin contact dengan bayi, hormon oksitosin ayah dapat meningkat dan hormon kortisol-nya menurun.

Adapun oksitosin merupakan hormon yang berkaitan dengan cinta sedangkan kortisol berkaitan dengan rasa cemas.

Hasilnya bukan cuma lebih sedikit merasakan stres, tapi juga memiliki hubungan baik dengan ibu. Selanjutnya ayah juga lebih sering menangani si­tuasi yang tidak pernah terduga sebe­lumnya dan ikut serta merawat bayi.

Manfaat lain yang didapat bayi an­tara lain: dapat meningkatkan suhu tubuhnya, memiliki kadar glukosa darah (untuk perlindungan dari ding­in) yang lebih tinggi daripada bayi yang dibiarkan dalam inkubator.

Selain itu, bayi juga lebih mudah di­hibur dan berhenti menangis lebih cepat.

Diikuti dengan menyusu sedikit lebih lambat dari bayi yang hanya menerima skin to skin contact hanya dari ibu.(ayb/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *