Masuk Zona Merah Corona, Pemkab Perpanjang Libur Sekolah, Murid Belajar di Rumah

by -

METROPOLITAN.id – Setelah menerapkan kebijakan belajar dirumah bagi murid TK, SD, SMP sejak pertengahan Maret, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memutuskan memperpanjang kebijakan tersebut.

Terlebih, Kabupaten Bogor masuk dalam zona merah penyebaran virus corona (covid-19). Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor Entis Sutisna mengatakan, masa belajar dirumah bagi peserta didik akan diperpanjang hingga 11 April mendatang.

Kebijakan itu menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Bupati Bogor nomor 360/06-BPBD/2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat Virus Corona di Kabupaten Bogor tahun 2020.

“Masa belajar dirumah peserta didik diperpanjang, berlaku sejak 30 Maret hingga 11 April. Demi memutus penyebaran Covid-19, tertuang dalam Surat Edaran Nomor 421/408-Disdik. Hari ini (kemarin, red) surat lagi dikomunikasikan dengan bupati, ba’da dzuhur di edarkan,” katanya, Rabu (25/3).

Menurutnya, keputusannya memperpanjang waktu ‘libur’ siswa-siswa itu diambil setelah melakukan komunikasi dengan Disdik dari daerah sekitar Kabupaten Bogor, yakni Disdik Kota Bogor dan Kota Depok.

“Akhirnya disepakati sampai 11 April,” terangnya.

Entis menjelaskan, kebijakan ini berlaku juga untuk para pengajar dari tingkat pendidikan tersebut demi menghindari aktifitas para guru dari kerumunan. Sedangkan tugas yang diberikan untuk siswa, tetap berlaku dan menjadi tugas para guru kepada siswa selama belajar di rumah

Selain itu, Entis mengaku sedang membahas kebijakan meniadakan Ujian Nasional (UN) dari pemerintah pusat. Termasuk untuk tingkat SD dan SMP. Pembahasan juga tentang waktu pelaksanaan dan teknis ujian.

“Baru mau akan dibahas skema yang nanti diterapkan pemkab untuk pelaksanaan ujian dan kelulusan. Misalnya waktu pelaksanaan tetap sesuai jadwal dengan skema online, atau seperti apa. Semua akan dibahas besok,” ujar Entis. (ryn/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *