Pakai Drone Lawan Corona lewat Udara

by -

METROPOLITAN – Mence­gah meluasnya Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumurbatu, Kecamatan Ba­bakanmadang, melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi. Uniknya, penyemprotan dilakukan dengan media drone alias pesawat yang diterbangkan tanpa awak.

Kepala Desa (Kades) Sumur­batu, H Adi Nurhimat, men­gatakan, imbauan disinfektan ini sebagai tindakan preventif terhadap merebaknya virus corona. ”Ini kegiatan kedua kalinya di Desa Sumurbatu. Pertama kita lakukan di kantor-kantor, sarana ibadah dan sarana pendidikan. Hari ini (kemarin, red) kita lakukan di rumah-rumah warga,” katanya.

Seluruh wilayah kampung di Desa Sumurbatu yang ter­diri dari delapan RW akan disemprot disinfektan secara manual dengan menggunakan drone kapasitas 20 liter cai­ran disinfektan. ”Selain penyemprotan, kami juga melaksanakan sosialisasi di­bantu petugas Tagana, Sa­tuan Linmas, Bhabinkamtib­mas, Bhabinsa dan ketua RT, RW bersama Karang Taruna,” tuturnya.

Dengan kegiatan ini, ia ber­harap masyarakat memiliki pola pikir baik dan tidak me­miliki pandangan negatif, se­hingga mereka sadar keseha­tan itu penting. ”Seperti pepa­tah ya ’peliharalah sehatmu sebelum datang sakitmu’. Ma­kanya saya sebagai kades Su­murbatu, Insya Allah akan berupaya keras dan siap ber­tugas mengemban amanah masyarakat memerangi penye­baran virus corona,” tegasnya.

Ade pun mengimbau masy­arakat tidak panik dan tetap menjaga kebersihan serta menghindari keramaian. (din/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *