Pegadaian Tutup 394 Outlet

by -

Metropolitan – PT Pe­gadaian (Persero) menutup sementara operasional 394 unit layanan di kawasan Dae­rah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta terkait kondisi pan­demi global Covid-19 yang kian mewabah. Tercatat ada 748 cabang/unit layanan dan ditutup lebih dari setengahnya.

Kantor operasional yang ditutup adalah Unit Pelayanan Cabang atau lebih dikenal masyarakat sebagai unit kecil layanan. Sedangkan untuk Kantor cabang tidak ditutup, sehingga nasabah tetap bisa bertransaksi di outlet. Pega­daian menyadari bahwa ma­syarakat masih memerlukan keberadaan PT Pegadaian dalam hal penyediaan dana yang cepat dan mudah.

”Saat ini kami membatasi pelayanan kepada masyarakat di DKI dengan menutup se­mentara 394 unit layanan. Tindakan tersebut kami la­kukan untuk langkah pence­gahan penyebaran virus co­rona, khususnya di wilayah DKI yang semakin masif,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero), R. Swa­sono Amoeng Widodo, dalam keterangan tertulis.

Selain 394 unit layanan yang ditutup sementara tersebut, Amoeng menambahkan bahwa sebanyak 354 kantor cabang/ unit di Jakarta akan tetap melakukan layanan dengan jam operasional terbatas, dari pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Bicara Nasional, di luar Wi­layah DKI, sebanyak 3.367 kantor cabang/unit Pega­daian sementara ini tetap dibuka dengan penyesuaian jam operasi dengan pilihan full, bisa layanan terbatas di­sesuaikan dengan kondisi yang akan ditetapkan oleh pimpi­nan wilayah sesuai kondisi perkembangan Covid-19 di wilayahnya.

Sebagai alternatif penutupan unit layanan di beberapa titik ini. Kami meminta nasabah untuk mulai menggunakan fasilitas layanan berbasis di­gital, yaitu Pegadaian Digital Services (PDS).

Sebab melalui layanan PDS tersebut, diharapkan nasabah tetap dapat melakukan ber­bagai transaksi dengan mudah, simpel, efisien, dan fleksibel, karena dapat diakses di mana saja tanpa harus datang ke outlet layanan (kantor cabang/ unit layanan Pegadaian).

Berbagai layanan digital tersebut memiliki fitur an­tara lain, membuka tabungan emas, gadai tabungan emas, perpanjangan gadai, peluna­san gadai, membayar angsu­ran, MPO (multi payment online) serta melakukan top up tabungan emas.

PT Pegadaian juga telah me­nerapkan aktivitas pencegahan dan tindakan pada lingkungan internal dengan membentuk gugus tugas penanganan CO­VID-19, di lingkungan kerja kita menerapkan pengecekan suhu tubuh dengan thermal gun sebelum memasuki gedung kantor, penyediaan hand sa­nitizer dispenser/botlle di tiap sudut ruangan, penyemprotan desinfektan di seluruh gedung kantor dan layanan, mene­rapkan konsep bekerja dari rumah (Work From Home). (dtk/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *