Pemdes Situsari Optimalkan Penerimaan Pajak

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa Situsari terus men­goptimalkan penerimaan sektor pajak bumi bangunan yang menjadi kewenangan pihak desa. Untuk sementara, Pemerintah Desa Situsari su­dah mampu mengumpulkan pajak sebesar 16 persen dari total wajib pajak di Desa Situ­sari. Angka tersebut menjadi yang terbesar di Kecamatan Cileungsi bila dibandingkan dengan desa lain.

“Kami terus mengimbau wajib pajak segera menyele­saikan kewajiban pajaknya. Karena membayar pajak tepat waktu akan sangat memban­tu program pembangunan pemerintah,” kata Kepala Desa Situsari, Dahlan kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut Dahlan, Pemerin­tah Desa menargetkan 100 persen penerimaan pajak dari SPPT yang sudah disera­hkan kepada wajib pajak di Desa Situsari. Oleh karena itu, ia terus menugaskan aparatur pemerintah desa untuk turun ke lapangan dan jemput bola agar wajib pajak segera me­nyelesaikan kewajibannya.

“Target kami tentunya 100 persen untuk buku satu dan buku dua dapat dipenuhi. Untuk itu, kita optimalkan sumber daya yang ada untuk terus memaksimalkan pene­rimaan pajak ini,” kata dia.

Dahlan juga mengaku sudah mengoptimalkan perangkat desa seperti RT dan RW untuk terus menyosialisasikan ke­pada warga agar segera me­nyelesaikan kewajiban mem­bayar Pajak Bumi dan Bangu­nan. Namun, pihaknya meny­erahkan kepada warga apakah akan membayar pajak melalui perangkat desa atau membay­arnya langsung. “Target kita yang penting semua wajib pajak membayar PBB nya te­pat waktu, kalau untuk bayar lewat siapa itu kita bebaskan,” tandasnya. (hin/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *