Pemerintah Batalkan Mudik Gratis

by -

METROPOLITAN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) me­nyatakan mudik gratis yang rutin digelar tiap tahun diba­talkan untuk tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran vi­rus corona ke daerah. Direktur Jenderal Perhubung­an Darat Kemenhub Budi Se­tiyadi mengatakan, tidak hanya mudik gratis dari Kemenhub, mudik gratis dari BUMN juga dibatalkan. ”Mudik gratis se­muanya, dari kementerian, BUMN maupun swasta, kita batalkan semua. Karena kon­disi darurat corona sampai bulan Mei,” katanya.

Budi menuturkan, kemun­gkinan pemerintah akan men­gumumkan permintaan tidak mudik pada hari ini. ”Hari ini mungkin akan dikeluarkan pernyataan untuk masyarakat tidak mudik selama Lebaran,”ujarnya.

Budi mengaku pihaknya juga sudah memberikan so­sialisasi kepada masyarakat untuk sementara tidak mudik. Langkah itu dilakukan agar virus corona tak menyebar ke daerah. ”Dan kita sudah mu­lai memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui meme yang kita kirim melalui media ke masyarakat untuk tidak mudik,” katanya.

Sebelumnya, Budi pernah mengatakan bahwa untuk mu­dik gratis pada tahun ini me­nyediakan sekitar 1.317 bus gratis. Rinciannya adalah 1.087 saat arus mudik dan 230 bus saat arus balik. ”Kemudian mudik gratis kapal Ferry dari Jakarta ke Lampung dan Se­marang. Ada dua kapal Jakar­ta ke Semarang. Dan Jakarta ke Lampung kapal,” ujarnya.

Menurut Budi, Jawa Tengah menjadi kota provinsi yang paling banyak menyediakan rute mudik. Ada sekitar 24 kota tujuan mudik gratis yang dilayani pada tahun ini. ”Jawa Barat hanya Cirebon, Tasik­malaya, Kuningan dan Cilacap. Jawa Tengah paling banyak, 24 kota. Dari mulai Tegal, Pe­malang hingga Solo. Jawa Timur mulai dari Kediri, Tu­ban hingga Pacitan,”bebernya.

Sedangkan khusus Suma­tera, lanjutnya, nantinya akan ada tambahan kota tujuan mudik gratis. Tahun ini mudik gratis dengan bus melayani tujuan Lampung, Padang dan Palembang. ”Tahun ini Su­matera, ada Padang, Lampung dan Palembang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kota tu­juan pemudik pada tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini bus gratis ini melayani perjalanan mu­dik ke 37 kota. ”Kalau tahun lalu hanya 40 kota, di 2020 hanya 37 kota tujuan,” pung­kasnya. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *