Pemkab Siapkan Tim Khusus di Empat RSUD

by -
SUDAH SIAP: Ini salah satu RSUD di Kabupaten Bogor yang siap menangani penyebaran virus corona (Covid-19) untuk warganya.

METROPOLITAN – Rute KRL-2 atau Bogor-Depok-Jakarta Kota dinilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rentan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun akan meminta bantuan alat kesehatan (alkes) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Dan kalau alat dan lainnya, kita harus meminta bantuan kepada DKI. Karena ini kan jangan sampai kita mengantisipasi di hilir, hulunya tidak ada deteksi,” kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di Kantor Bupati Bogor, Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (12/3/2020).

Iwan mengakui Pemkab Bogor tidak memiliki alat yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan medis di stasiun atau di gerbong seperti di DKI Jakarta. Oleh karena itu, Pemkab Bogor akan mengkomunikasikan pengadaan alat ini dengan Pemprov DKI Jakarta.

Sebab, lanjutnya, mitigasi penyebaran virus Corona ini harus searah. Masalah virus Corona ini juga, kata Iwan, adalah tanggung jawab bersama.

“Bukan di DKI bagus (alat medis), kita didiemin. Akhirnya nanti ada yang lolos atau tidak terdeteksi (virus Corona) karena kita kekurangan bahan dan alat. Kalau DKI yang ada urusan dengan Kabupaten Bogor, kita harus ikutin,” ujarnya.

“Kalau enggak, jangan sampai kita tidak ada laporan, ujug-ujug meledak ada. Nah ini yang harus diantisipasi,” ungkap dia.

Lainnya Iwan mengatakan jumlah orang dalam pemeriksaan (ODP) dan pasien dalam pemeriksaan (PDP) di Kabupaten Bogor masih nol. Meski begitu, lanjutnya, antisipasi tetap dilakukan.

“Di kita sudah menyiapkan tim khusus penanggulangan Corona itu. Yang khusus itu kan di 4 rumah sakit seperti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, RSUD Cibinong, RSUD Cileungsi, dan juga di RSUD Leuwiliang,” pungkas dia. (de/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *