Pemkot Bogor Siapkan 4,5 Hektare Lahan Pemakaman untuk Pasien Corona yang Meninggal

by -

METROPOLITAN.id – Jenazah korban virus corona atau copid-19 di Kota Bogor bakal dimakamkan di lahan pemakanan khusus.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah menyiapkan lahan seluasi 4,5 hektare di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kayumanis, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

Kepala UPTD Pemakaman Kota Bogor, Toto Gunarto menjelaskan, pemakaman tersebut dikhususkan untuk jenazah korban corona, baik yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) maupun yang positif.

Yang jelas, ia memastikan lokssi tersebut sudah memenuhi protokol khusus dalam pemulasaraan jenazah pasien corona.

“Seperti lokasi penguburan harus berjarak setidaknya 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan warga sebagai air minum, serta berjarak 500 meter dari pemukiman warga. Kedalaman lubang juga harus 1,5 meter, lalu ditutup dengan tanah setingga satu meter. Jika semua prosedur telah dijalankan dengan baik, pihak keluarga bisa turut dalam penguburan jenazah,” ungkap Toto, Kamis (26/3).

Menurutnya, ada tiga jenazah berstatus PDP yang akan dimakamkan di lokasi tersebut. Artinya, jenazah tersebut belum dinyatakan meninggal karena terpapar corona karena masih menunggu hasil swab.

“Tapi petugas tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Kalau tenaga medis yang membawa jenazah kurang dari mobil ambulans, petugas penggali kubur ikut menggotong,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *