Produk Rumah Tangga Ini Bisa untuk Disinfektan Cegah Corona, Kenali Bahan Aktifnya

by -

METROPOLITAN.id – Penyebaran wabah virus corona (covid-19) kian memprihatinkan. Penyemprotan disinfektan ditengarai jadi salah satu upaya pencegahan virus corona.

Masyarakat pun diminta secara aktif membuat dan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan berkala. Namun, tidak semua produk rumah tangga mengandung bahan aktif untuk disinfektan pencegah corona.

Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ajeng Arum Sari mengatakan, disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona penyebab covid-19.

Namun, informasi yang kurang tepat mengenai antisipasi vovid-19 seringkali menimbulkan kepanikan yang tidak perlu, juga kesalahan dalam penggunaannya.

LIPI pun merilis daftar sementara bahan aktif dan produk rumah tangga untuk disinfeksi virus corona penyebab covid-19.

“Kami mengimbau masyarakat agar membeli sesuai kebutuhan dan memprioritaskan ketersedian bahan serta produk tersebut, untuk kepentingan penanganan medis covid-19 yang lebih mendesak,” katanya kepada pewarta.

Ia menjelaskan, covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2), yang merupakan virus corona jenis baru. Virus ini memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.

Ajeng menambahkan, disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus, yaitu virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat.

Sementara itu, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian menuturkan, banyak produk rumah tangga umum yang mengandung konsentrasi bahan aktif, yang sesuai untuk disinfeksi.

Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, kata dia, beberapa bahan aktif telah terbukti efektif melawan virus corona. Caranya, mengencerkan cairan produk rumah tangga dengan bahan aktif untuk disinfeksi dengan air. Dengan takaran bervariasi, 10-50 mili liter untuk dicampurkan dengan satu liter air.

Ia menjelaskan, jika produk disinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk disinfektan lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus), bisa juga digunakan untuk pembersihan pencegahan umum. Chandra menyarankan menggunakan air dan sabun atau deterjen lainnya.

“Pembersihan dilakukan terhadap ruangan dan permukaan benda di dalam rumah,” tukasnya.

Sejauh ini, kata dia, permukaan yang harus sering dibersihkan diantaranya meja, gagang pintu, saklar lampu, telepon, toilet, keran, dan wastafel.

Setelah bersih, sambung dia, lalu gunakan disinfektan untuk perlindungan yang lebih baik. Apalagi jika ada yang  sakit di rumah, maka disinfeksi wajib dilakukan. Menurutnya, ada hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan disinfektan, diantaranya memeriksa label dan gunakan sesuai dengan instruksi.

“Tetap Waspadai potensi bahaya dari setiap produk. Serta menghindari kontak dengan mata dan kulit saat menangani produk pembersih dan menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain itu, jangan mencampur produk pembersih yang berbeda dan gunakan disinfektan ditempat yang berventilasi baik,” terangnya.

Lebih lanjut Chandra menjabarkan, untuk disinfeksi daerah yang sangat terkontaminasi, sebaiknya permukaan tersebut didisinfeksi menggunakan kain yang telah dibasahi terlebih dahulu dengan larutan disinfektan.

“Jangan menyemprot langsung ke permukaan yang sangat terkontaminasi karena akan membuat virus menyebar ke udara,” pungkasnya. (ryn/b/fin).

*Bahan aktif untuk Disinfektan Dalam Produk Rumah Tangga*

1. Accelerated hydrogen peroxide (0.5%)a
2. Benzalkonium chloride / quaternary ammonium / alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride)
(0.05%)b
3. Chloroxylenol (0.12%)c
4. Ethyl alcohol atau ethanol (62-71%)d,e
5. Iodine in iodophor (50 ppm)b
6. Isopropanol atau 2-propanol (50%)b
7. Pine oil (0.23%)c
8. Povidone-iodine (1% iodine)d
9. Sodium hypochlorite (0.05 – 0.5%)d, f
10. Sodium chlorite (0.23%)b
11. Sodium dichloroisocyanurate (0.1-0.5%)g

*Produk Rumah Tangga Mengandung Bahan Aktif untuk Disinfektan*

– Aquatabs
– Bayclin Lemon dan Regular
– Bebek Kamar Mandi
– Bratacare
– Clorox Pembersih Toilet
– Dettol Antiseptik dan Pembersih Lantai
– Mr. Muscle pembersih lantai
– Proclin Pemutih
– SoKlin Pemutih
– Wipol pembersih lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *