RSUD Kota Bogor Siap Tangani Pasien Corona

by -
SIMULASI: Pegawai RSUD Kota Bogor saat menggelar simulasi penanganan pasien virus corona.

METROPOLITAN – Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD Kota Bogor, Taufik Rahmat, memastikan pihaknya sudah siap menangani jika ada penderita virus Corona yang datang ke RSUD Kota Bogor.

Hal itu ia pastikan menyusul adanya penderita Covid-19 di Indonesia.

“Kami (RSUD Kota Bogor) berupaya untuk bersiap siaga dalam menghadapi kemungkinan adanya penderita Covid-19 yang datang ke RSUD Kota Bogor,” kata Taufik dalam rilis yang diterima Metropolitan, kemarin.

Adapun, menurutnya, tindaklanjut yang akan dilakukan pihaknya jika ada penderita virus Corona yang datang ke RSUD Kota Bogor. Diantaranya, menyiapkan sarana berupa ruang isolasi sementara di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Ketika pasien tersangka Covid-19 datang ke RSUD Kota Bogor maka pasien akan ditempatkan di ruang isolasi sementara dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter serta pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratoriun dan radiologi,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, ketika hasil pemeriksaan laboratoriun maupun radiologi menunjukan ke arah Covid-19, maka RSUD segera melaporkan kepada posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Bogor serta segera mencari rujukan ke RS yang telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai RS rujukan Covid-19.

“Upaya lain adalah melakukan pemenuhan sarana APD serta melakukan simulasi seperti yang telah kami laksanakan pada Rabu (4/3) sekitar 15:00 WIB yang berlangsung di RSUD Kota Bogor,” imbuh Taufik.

Disisi lain, Taufik membantah informasi adanya mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi yang di diagnosa terinfeksi virus Corona di RSUD Kota Bogor. Karena, sampai saat ini belum ada satu pun penderita yang datang ke RSUD Kota Bogor dengan keluhan mengarah ke Covid-19.

“Kami ingin mengklarifikasi bahwa berita tersebut adalah tidak benar,” ujarnya. (rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *