Satgas Kemanusiaan INH Ikut Cegah Penyebaran Corona

by -

METROPOLITAN – Demi menekan penyebaran virus corona baru (Covid-19), Sa­tuan Tugas (Satgas) Kema­nusiaan Pencegahan Covid-19 mendistribusikan seribu hand sanitizer, masker dan mela­kukan penyemprotan disin­fektan di sejumlah wilayah di Jabodetabek, kemarin.

Satgas itu dibentuk Inter­national Networking for Hu­manitarian (INH) bekerja sama dengan Teras Ziswaf, Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR), Sahabat Relawan INH (SHARE INH).

Ketua INH Luqmanul Hakim menjelaskan, distribusi penya­nitasi tangan dilakukan ber­tahap agar warga yang keha­bisan pembersih tangan dan masker bisa mendapatkannya gratis melalui program ini.

”Saat ini banyak warga yang kebingungan mencari masker dan pembersih tangan ka­rena kehabisan di mana-mana, jadi kami jatah berapa ratus per hari untuk mereka yang membutuhkan,” ungkap Luqmanul di kantor INH, Jalan Gandaria Tengah, Ke­camatan Cileungsi.

Sementara aktivitas penyem­protan disinfektan dilakukan di pusat-pusat keramaian. Saat ini pihaknya memfokus­kan kegiatan itu di sejumlah titik di Bogor dan Bekasi.

”Bagi masyarakat yang mem­butuhkan penyemprotan, kita akan layani secara gratis,” ucapnya.

Koordinator Nasional Satgas Pencegahan Covid-19 Supri­anto mengatakan, semua pihak perlu memberikan pemahaman kepada masy­arakat agar tidak panik dalam menghadapi ancaman wabah Covid-19.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan masyarakat saat ini adalah kewaspadaan dan kesadaran diri untuk men­jaga imunitas tubuh dengan lebih baik sebagai bentuk pencegahan utama.

”Melawan Covid-19 harus bersama-sama. Langkah awalnya masyarakat harus mengenali dan memahami apa itu virus corona, sehing­ga nantinya kita tidak panik dan bisa melakukan langkah-langkah pencegahannya,” imbuh Suprianto.

Ia menjelaskan, secara glo­bal, lebih dari 10 ribu warga dunia telah meninggal akibat Covid-19 yang kemunculan awalnya berasal dari Wuhan, China, pada Desember 2019.

”Melihat kondisi negara kita sekarang, saya berharap semua pihak bersama-sama melakukan pencegahan Co­vid-19. Kami juga di sini siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, jangan segan untuk meng­hubungi,” imbuh Suprianto.

Ia pun meminta masyarakat dapat menghubungi satgas kemanusiaan INH agar bisa membantu atau menggali informasi seputar pencegahan melalui nomor 081299093489. (ayb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *