Sebelum Lockdown, Kuatkan Kampung Siaga

by -

METROPOLITAN – Pasien positif virus corona (Covid-19) di Kota Depok terus menga­lami kenaikan. Sejauh ini total ada 37 kasus positif Co­vid-19. ”Terkonfirmasi positif berjumlah 37 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepa­tan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, kemarin. Dari 37 kasus, se­puluh di antaranya telah di­nyatakan sembuh. Sedangkan empat orang lainnya mening­gal dunia. ”Sembuh sepuluh orang dan empat orang me­ninggal dunia,” ujarnya.

Dadang menuturkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 286 orang. Seba­nyak 21 di antaranya sudah selesai pengawasan. ”Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ber­jumlah 286 orang, selesai 21 orang dan masih dalam peng­awasan 265 orang,” tuturnya.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 952 orang, 197 di antara­nya sudah selesai dipantau. ”ODP berjumlah 952 orang, selesai 197 orang, dan masih dalam pemantauan 755 orang,” bebernya.

Dadang menjelaskan untuk mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kota (Pem­kot) Depok akan melakukan penguatan Kampung Siaga Covid-19. Langkah tersebut dilakukan di setiap RW sem­bari menunggu keputusan pemerintah pusat soal kebija­kan lockdown. ”Kebijakan lockdown merupakan langkah yang seharusnya diambil ke­tika saat ini penyebaran Covid-19 sudah masif. Sambil menung­gu kebijakan pemerintah pusat, Kota Depok akan mengambil langkah kebijakan penguatan kampung siaga Covid-19 ber­basis RW. Di mana pengawasan akan diperketat pada tingkat komunitas,” pungkas Dadang. (dtk/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *