Sekolah Libur, Bima Arya Ajak Ortu Ambil Alih Peran Guru

by -

METROPOLITAN – Indo­nesia tengah menghadapi bencana nasional terkait wa­bah Covid-19. Beberapa ak­tivitas atau kegiatan di luar ruangan pun mulai dibatasi. Banyak pekerja yang diruma­hkan sementara untuk men­cegah penyebaran virus lebih luas lagi. Sekolah-sekolah pun mulai diliburkan dan diganti dengan pembelajaran via da­ring.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, telah memberikan instruksi pencegahan penyebaran virus corona. Mulai dari meliburkan seluruh sekolah, menutup tempat hiburan dan tempat umum yang dikelola Pemkot Bogor, melakukan pembersi­han menggunakan desinfek­tan di tempat umum, melarang kegiatan keramaian hingga membiayai perawatan warga Kota Bogor yang tengah dalam masa pengawasan dan pera­watan.

”Selalu ada hikmah dari se­mua. Dunia sedang detox. Ayo kita nikmati kumpul dengan keluarga.

Tidak bepergian, tidak jalan-jalan, hanya di rumah ber­sama keluarga. Untuk memu­tus rantai penularan, saatnya anak-anak bahagia bersama kita, dalam keluarga. Sambil kita pastikan terakses dengan tugas-tugas dari sekolah via online,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menganjurkan orang tua ber­kegiatan di dalam rumah serta mengawasi anak-anak agar tidak keluar rumah un­tuk kegiatan yang tidak pen­ting. Ini saatnya orang tua berperan dalam mendidik dan mengambil alih peran guru dan sekolah selama masa ’liburan’ ini.

”Saatnya orang tua berkre­asi dan kegiatan di dalam rumah. Ibadah, curhat, dis­kusi, bermain peran, aneka permainan masa kecil, masak-masak dan bersih-bersih. Para orang tua, yuk pastikan ini bukan liburan massal. Jaga anak-anak kita untuk tidak keluyuran dan kumpul-kumpul yang tidak bermanfaat. Ini juga saat yang tepat bagi orang tua untuk lebih dekat dengan tugas mendidik anak secara langsung, mengambil alih peran guru dan sekolah yang sementara harus ditunda,”bebernya.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau masyarakat Ko­ta Bogor melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga di rumah, makan dan minum yang bergizi, istirahat yang cukup serta rajin cuci tangan menggunakan sabun. Hal itu perlu dilakukan agar virus corona tidak mudah menjang­kiti tubuh. ”Saatnya hidup sehat. Olahraga secukupnya di lingkungan rumah. Nik­mati sarapan pagi, cukup minum, makanan bergizi, cukup istirahat, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta tidak putus berdoa. Se­moga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua,” pungkasnya. (de/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *