Seri Balap F1 2020 Diprediksi Berkurang

by -

METROPOLITAN – CEO Formula One, Chase Carey, memperkirakan jadwal seri balap F1 2020 akan berkurang dari biasanya. Dari 22 balapan yang dijadwalkan, F1 2020 diprediksi hanya akan meng­gelar 15-18 balapan di musim ini.

Sekadar diketahui, virus corona yang tengah mewabah membuat pelaksanaan bebe­rapa GP di F1 2020 harus dit­unda. Enam seri harus ditang­guhkan sementara dua lain­nya dibatalkan.

GP Australia dan GP Mo­naco menjadi dua balapan yang tak jadi dihelat. Untuk enam balapan yang ditunda adalah GP Bahrain, GP Viet­nam, GP China, GP Belanda, GP Spanyol dan GP Azerbai­jan.

Kondisi ini membuat F1 2020 kemungkinan hanya akan menggelar 15-18 balapan dari yang 22 dijadwalkan. Hal tersebut diungkapkan Carey.

Ia juga menjelaskan bahwa pihak F1 kini tengah beru­saha merombak jadwal yang sudah ada. Mereka akan meng­geser libur musim panas di Maret atau April ini.

Balapan nantinya bisa terus dilangsungkan tanpa jeda. Ini untuk mengantisipasi molor­nya gelaran F1 di musim ini yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 29 November 2020. ”Kami menyadari ada potensi besar adanya balapan yang harus ditunda lagi. Namun kami sepenuhnya berharap musim akan dimu­lai di musim panas ini dengan jadwal yang direvisi antara 15-18 balapan,” kata Carey.

”Seperti yang telah diumum­kan sebelumnya, kami akan memanfaatkan liburan musim panas yang dimajukan ke bu­lan Maret atau April untuk bisa menggelar balapan saat musim panas. Ini menganti­sipasi waktu berakhirnya musim yang akan molor dari tanggal yang dijadwalkan yaitu 27-29 November,” ucap­nya.

”Urutan dan jadwal tanggal untuk balapan yang baru akan berbeda secara signifikan dari kalender awal untuk musim 2020,” tambahnya. (dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *