Traveling Ke Batam? Coba Mampir Ke 5 Tempat Kuliner Andalan Ini

by -

Kota Batam merupakan kota besar yang berada di Provinsi Kepulauan Riau dan sekaligus posisinya sangat lah dekat dengan negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura. Sehingga tidak mengherankan jika kota ini menjadi salah satu kota sibuk di Indonesia. Semakin hari, kota ini semakin dirasakan pesatnya pertumbuhan ekonomi di dalamnya. Oleh karena itu banyak sekali orang dari daerah lain yang mengharapkan untuk bisa merantau ke Batam dan mendapatkan pekerjaan terbaiknya di kota tersebut.

Namun disamping aktivitas perekonomiannya yang padat itulah, Batam juga menawarkan banyak destinasi wisata menarik yang sangat perlu Anda coba. Perlu diketahui bahwa Batam dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menawarkan keeksotisannya dan tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. 

Ada Pantai Tanjung Pinggir, di mana Anda bisa melihat dari kejauhan penampakan negara tetangga, yakni Singapura. Tidak hanya pantai, Batam juga memiliki wisata-wisata perbukitan yang menyajikan pemandangan indah dari atasnya. Namun, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner di setiap tempat makan favorit.

Tempat Kuliner Favorit Di Batam

Beberapa referensi tempat kuliner favorit ini akan membantu Anda menemukan makanan-makanan populer di Batam yang siap menggoyang lidah Anda.

Mie Lendir Kawasan Batam Centre

Mie lendir sendiri sebenarnya bukanlah makanan khas dari Batam. Namun, kuliner khas Melayu ini bisa dengan mudah Anda jumpai di sepanjang jalan Batam. Mie yang memiliki kuah kental bak lendir ini menjadi favorit tersendiri bagi warga Batam dan siapa saja yang berkunjung ke kota ini. Kuah tersebut merupakan campuran dari kacang tanah yang sudah ditumbuk halus dan kemudian dikombinasikan dengan rempah-rempah khas. Kuah mie tersebut juga diberi campuran udang yang semakin menambah kenikmatan cita rasa dari Mie Lendir. Mie yang digunakan merupakan mie kuning dengan topping yang berupa tauge, irisan seledri dan cabai rawit hijau, taburan bawang goreng, dan juga diberi irisan telur rebus. Salah satu tempat makan Mie Lendir yang bisa Anda sambangi adalah di kawasan Tunas Bizpark, KDA, Batam Centre.

Seafood Sei Enam

Kuliner yang sangat favorit di Batam salah satunya adalah kuliner berupa seafood atau makanan-makanan dari hasil laut yang dimasak menjadi berbagai macam jenis dengan bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera. Di restoran Sei Enam ini Anda bisa menemukan berbagai jenis seafood segar, seperti gonggong yang menyerupai siput namun hidup di laut, kepiting, sotong, berbagai jenis ikan seperti kerapu dan kakap, udang, dan teripang. Selain menu seafood, restoran ini juga menyediakan menu non-seafood, seperti sayur yang diolah dengan berbagai macam masakan, sup, dan ayam. Restoran Sei Enam sendiri berlokasi di Jalan Engku Putri, Batam Centre, Riau. 

Sup Ikan Yong Kee

Hidangan berupa sup ikan yang sangat mudah Anda jumpai di Batam. Pada umumnya ikan yang digunakan adalah berupa ikan tenggiri yang benar-benar terjamin kesegarannya. Jangan khawatir ketika Anda menyantapnya akan merasakan rasa atau aroma yang amis. 

Karena sebelumnya ikan sudah diolah terlebih dahulu dengan rempah-rempah yang akhirnya bisa menyamarkan bahkan menghilangkan aroma amis tersebut. Kemudian ikan tersebut akan disiram dengan kuah bening yang menyegarkan. Biasanya Anda juga akan disediakan potongan cabai rawit yang sudah dicampur dengan kecap asin untuk menemani Anda menyantap sup ikan. Tempat populer yang bisa Anda kunjungi adalah Sup Ikan Yong Kee yang berlokasi di Kompleks Nagoya City Centre.

Lakse Kawasan Tanjung Uma

Kuliner mie berbahan sagu ini adalah khasnya Melayu. Di mana tekstur mie-nya yang kenyal dan tebal ini bisa disajikan dalam dua jenis, yakni goreng maupun berkuah. Untuk yang kuah, maka santan menjadi bahan utama yang dicampur dengan rempah-rempah khas lainnya. Selain itu juga diberi tauge dan juga taburan bawang goreng. Agar semakin nikmat, maka turut diberi sambal terasi yang biasa disebut orang Melayu dengan sambal belacan. Anda bisa menjumpai Lakse ini di kawasan Tanjung Uma.

Nasi Lemak Pasar Mitra Raya

Makanan khas Melayu yang satu ini jangan Anda lewatkan untuk mengisi perut sewaktu sarapan. Nasi Lemak menjadi kuliner andalan di Batam yang patut Anda coba. Di mana nasinya yang terasa berminyak dan memunculkan rasa gurih, dan beberapa lauk di pinggirnya berupa suwiran ayam, telur dadar yang diiris memanjang, sambal teri kacang, dan bihun goreng. Anda bisa menemuinya di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Mitra Raya.

Jangan tunda lagi keberangkatan Anda ke Batam untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Batam penggugah selera itu. Dapatkan tiket pesawat Medan Batam di Traveloka dengan harga yang menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *