Wali Kota Bogor Masih ODP Corona, Briefieng Staff Melalui Video

by -

METROPOLITAN.id – Brifieng staff yang digelar oleh jajaran Pemerintah Kota Bogor hari ini, Selasa (17/3), tak lagi menggunakana sistem tatap muka langsung.

Kegiatan ini digelar melalui video conference (Vcon) yang dilakukan di beberapa titik. Seperti kantor Dinas Pendidikan, Balai Kta, kantor Dinas Perhubungan, kantor Dinas Kesehatan dan Pendopo 6 yang merupakan kediaman Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Selain untuk melaksanakan instruksi presiden yaitu social distancing, briefing staff melalui Vcon ini merupakan dampak dari proses pemantauan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor terhadap Bima Arya yang baru pulang dari Azerbaijan dan Turki.

Dalam V-con yang digelar sejak pukul 08.00 WIB ini, Pemkot Bogor membahas berbagai isu mengenai pencegahan corona. Mulai dari evaluasi kebijakan diliburkannya sekolah, sampai rencana meliburkan PNS.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, Wali Kota Bogor Bima Arya diharuskan bekerja dari rumah karena saat ini menyandang status sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Ya sesuai standar yang sudah ditetapkan, Pak Wali harus bekerja dari rumah selama 14 hari ini,” ujarnya.

Bima Arya dan empat orang pendampingnya tiba di Indonesia sekitar pukul 14.20 WIB di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (16/3).

Mereka mengikuti seluruh prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Pemeriksaan demi pemeriksaan diikuti Bima Arya dan rombongan. Mulai dari mengisi formulir dengan sejumlah pertanyaan, cek kesehatan hingga pemeriksaan barang bawaan.

“Kita mengisi semacam formulir saat masih di pesawat, kemudian begitu turun di cek barang bawaan kita, cek suhu tubuh kita. Saya melihat ada beberapa penumpang yang digeser ke tempat
khusus, mungkin ada yang harus didalami. Tadi Alhamdulillah kita lancar, terus menyempatkan solat dulu sebelum keluar area,” ungkap Bima Arya.

Meski tidak ada gejala yang mengarah ke arah virus corona, Bima Arya dan empat orang pendampingnya berstatus sebagai ODP sesuai pedoman Kemenkes lantaran baru tiba dari luar negeri.

Dalam lawatannya ke luar negeri, Bima Arya didampingi sang istri yang juga Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor Firdaus, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bogor Adi Novan dan Bagian Kerjasama Pemkot Bogor Ara Wiraswara. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *