Wali Kota Depok Bantu Logistik ODP dan PDP

by -

METROPOLITAN – Gugus Percepatan Penanganan Co­vid-19 Kota Depok akan mem­beri bantuan bagi warga yang berstatus Pasien Dalam Peng­awasan (PDP) dan Orang Da­lam Pemantauan (ODP) yang hendak mengisolasi diri di rumah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, bantuan yang diberikan berupa logistik selama masa isolasi. ”Bagi PDP dan ODP yang melakukan isolasi mandiri di rumah akan mulai dibantu logistik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam kurun waktu tertentu,” ujar Idris.

Idris juga berpesan kepada seluruh warga Kota Depok agar turut empati dan tidak men­gucilkan bilamana ada tetan­gganya yang positif Covid-19, PDP ataupun ODP.

”Tidak ada lagi sikap men­gucilkan. Pasien positif co­rona, PDP maupun ODP ada­lah korban. Mereka adalah saudara kita, keluarga kita. Mereka warga dan bangsa kita. Mereka adalah diri kita. Solidaritas sesama kunci sehat bangsa,” tegasnya. Sekadar informasi, saat ini angka Co­vid-19 di Kota Depok terus meningkat dengan angka 19 kasus terkonfirmasi positif co­rona, 173 orang berstatus PDP dan 568 orang berstatus ODP.

Berdasarkan data tersebut, ternyata ada sembilan dari 19 orang berstatus PDP Covid-19 yang telah meninggal dunia. Sebanyak sembilan korban meninggal dunia ini tercatat sejak 18 hingga 25 Maret 2020.

”Berkenaan dengan banya­knya permintaan agar jumlah kasus PDP meninggal disam­paikan kepada publik, hari ini kami sampaikan bahwa jum­lah PDP yang meninggal di Kota Depok dari 18 sampai 25 Maret 2020 sebanyak sembilan orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana. Dadang menegaskan orang yang berstatus PDP itu tidak bisa dinyatakan positif ataupun negatif terjangkit vi­rus corona. ”Perlu kami tegas­kan, status PDP belum dinya­takan bahwa pasien tersebut positif atau negatif. Karena harus menunggu hasil peme­riksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang datanya dikelu­arkan PHEOC (Public Health Emergency Operating Centre) Kementerian Kesehatan RI,” tandasnya. (tib/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *