2 Negara Lanjutkan Kompetisi Sepak Bola

by -

METROPOLITAN – Kepu­tusan berani diambil dua negara dari benua yang ber­beda. Mereka kembali mela­njutkan kompetisi sepak bola di tengah pandemi virus corona alias Covid-19, yakni Liga Tajikistan dan Liga Bu­rundi.

Sejatinya liga-liga sepak bola di banyak negara di berbagai belahan dunia dihentikan ka­rena pandemi Covid-19. Namun, Tajikistan justru memulai kom­petisi sepak bola musim 2020 pada Minggu (5/4).

Dikutip dari Soccerway, ne­gara sempalan Uni Soviet yang terletak di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afghanis­tan ini menggelar enam pertan­dingan di pekan pertama Vysshaya Liga yang merupa­kan kompetisi sepak bola strata tertinggi Tajikistan.

Pekan perdana Vysshaya Liga musim 2020 diawali dengan pertandingan pem­buka antara Khatlon vs Is­taravshan di Stadion Pakhta­kor yang dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor tipis 2-1.

Pertandingan-pertandingan di Liga Tajikistan tersebut dihelat tanpa penonton se­suai dengan peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Hingga saat ini, di Tajikistan belum ada kasus Covid-19 yang terkonfirmasi.

Sementara Burundi, liga se­pakbola di salah satu negara Afrika Timur itu sebenarnya sudah dihentikan sementara sejak 22 Maret 2020 silam di pekan 26. Namun, setelah mem­pertimbangkan berbagai hal, Liga Burundi dilanjutkan lagi pada 3 April 2020 lalu.

”Setelah berkonsultasi dengan Menteri Kesehatan Masyarakat, Thaddeus Ndi­kumana, majelis umum memu­tuskan kejuaraan divisi per­tama dan kedua dilanjutkan sambil memperhatikan lang­kah-langkah kesehatan sepa­tunya,” demikian pernyataan federasi sepakbola Burundi.

Pekan 27 League A 2019/2020 yang merupakan kompetisi sepak bola paling atas di Bu­rundi menyajikan delapan pertandingan yang dihelat tanggal 3, 4, dan 5 April 2020. Kompetisi ini tinggal menyi­sakan tiga pekan lagi untuk mengakhiri musim.

Data terbaru dari WHO per Senin (6/4) pukul 20:00 WIB menyebutkan bahwa di Bu­rundi telah ditemukan 3 kasus positif Covid-19 tanpa korban meninggal dunia sejauh ini. (tir/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *