30 Persen DD Leuwimekar Dipakai Tangani Covid-19

by -

LEUWILIANG – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Leuwi­mekar, Kecamatan Leuwili­ang, menggunakan Dana Desa (DD) tahap pertama untuk penanganan wabah Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Leu­wimekar, Sumarno, menga­takan, ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wa­bah pandemi Covid-19. ”Kita mengalokasikan DD tahap pertama 30 persen untuk penanganan wabah Covid-19,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emay itu menuturkan, hingga kini di Desa Leuwimekar tidak ada masyarakat yang terpa­par Covid-19. Namun ia tidak ingin kecolongan, meng­ingat wabah ini sangat berbahaya dan mengancam keselamatan. Untuk memu­tus rantai penyebaran Co­vid-19, pemdes mengalo­kasikan anggaran pembe­lian bahan disinfektan. ”Ada 13 RW yang kita bantu untuk pembelian bahan cairan disinfektan,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga rajin menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menunda kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak.

Pihak desa juga melibatkan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Karang Taruna dalam penanganan Covid-19.

”Kita juga menginstruk­sikan kepada masyarakat untuk tidak mengumpulkan massa, seperti hajatan, ta­bligh akbar serta menghen­tikan Bank Emok semen­tara waktu,” tukasnya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *