Bantuan Beras Jabar Pascabencana Sukajaya Baru Turun

by -

METROPOLITAN.id– Setelah menunggu cukup lama, bantuan beras dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sebagai upaya menanggulangi kerawanan pangan pascabencana akhirnya tiba di Kabupaten Bogor.

Total, ada sekitar 101.904 kilogram beras untuk 16.984 jiwa dari 4.779 kepala keluarga (kk) di 26 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Bogor yang terkena bencana awal Januari lalu.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor membagikan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar tersebut kepada para pengungsi dan korban bencana di Kecamatan Sukajaya, Jasinga, Cigudeg dan Nanggung. Beras dibagikan secara bertahap hingga 22 April nanti.

“Setelah menerima dari Jabar, hari ini kita distribusikan bantuan beras ini ke enam desa di Kecamatan Sukajaya dulu. Sisanya bertahap sampai 22 April mendatang. Untuk hari ini, kita distribusikan 9.150 kilogram beras untuk Desa Cisarua, Sukajaya, Sipayung, Sukamulih, Harkatjaya dan Urug,” kata Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan pada DKP Kabupaten Bogor Jona Sijabat, Selasa (7/4).

Menurutnya, bantuan beras diberikan masing-masing sebanyak 0,3 kilogram per jiwa per hari. Hal itu sesuai dengan keputusan Peraturan Gubernur Nomor 37 tahun 2017 pasal 12 dan sesuai dengan peraturan Bupati Bogor nomor 23 tahun 2016 juncto peraturan Bupati Bogor nomor 48 tahun 2018 pasal 4.

“Bantuan itu sesuai dengan pendataan dari wilayah desa dan kecamatan dan sudah divalidasi, yang jumlahnya untuk 20 hari sesuai kesepakatan. Totalnya jadi 101 ton lebih. Distribusinya bertahap tapi berpusat dikecamatan. Silahkan kewilayahan untuk teknis pembagian,” ujarnya

Setelah ini, kata dia, bantuan akan didistribusikan bertahap mulai besok, Rabu (8/4), ke Kecamatan Sukajaya lalu ke Jasinga, Nanggung dan terakhir di Cigudeg, Rabu (22/4) mendatang.

“Kita serahkan kepada kewilayahan untuk teknis distribusi ke warganya,” pungkas Jona. (ryn/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *