Bima Arya Bakal Copot Camat dan Lurah yang Main-main dengan Bansos

by -

METROPOLITAN.id – Bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga terdampak virus corona atau vovid-19 di Kota Bogor mulai disalurkan, Selasa (28/4).

Bantuan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor sebesar Rp5,1 miliar ini akan dibagikan kepada sekitar 23 ribu keluarga yang membutuhkan.

Saat pembagian BLT dilakukan, Wali Kota Bogor Bima Arya secara tegas meminta kepada jajarannya, terutama Lurah dan Camat untuk kembali mengecek ke lapangan apakah para penerima bantuan sudah mendapatkan bantuannya.

“Jadi camat dan lurah jangan main-main, RT dan RW juga jangan main-main. Bagi yang tertangkap basah ada yang main-main akan saya tindak tegas,” tegas Bima Arya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena menyangkut dapur dan urusan hidup dan mati orang banyak.

Bahkan, Bima Arya mengaku tidak akan segan-segan mencopot jabatan camat dan lurah yang tidak kerja dan tidak turun ke lapangan.

“Camat dan lurah yang tidak turun ke lapangan, tidak mengecek kondisi warga akan saya copot. Saya akan evaluasi ini selama satu bulan,” jelas Bima.

Selain itu, untuk tranparansi pembagian bantuan, ia juga meminta kepada Kepala Diskominfo Kota Bogor yang baru untuk menyediakan portal laporan dan informasi bantuan yang sudah disalurkan.

“Ini untuk evaluasi dan wadah aduan bagi warga. Kalau ada yang tidak tepat sasaran dan belum dapat akan langsung kami perbaiki,” katanya.

Terpisah, Kepala Diskominfo Kota Bogor yang baru, Rahmat Hidayat mengaku saat ini ia tengah mengonsolidasikan hal tersebut dengan Dinas Sosial dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor.

“Ya nantinya akan ada di sebuah website di mana laporan pembagian bantuan bisa dilihat oleh warga. Selain itu, bagi warga yang belum dapat juga bisa mengadukan hal tersebut,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, BLT yang berasal dari APBD Kota Bogor ini sebesar Rp500 ribu yang akan diberikan kepada warga selama empat bulan. (dil/b/fin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *