Bukan Panutan Sepak Bola

by -

METRO­POLITAN – Pelatih Tim­nas Spanyol Vicente del Bosque me­lontarkan kri­tikan pedas kepada Neymar. Menurut Del Bo­sque, pemain Timnas Brasil itu bukan pesepak bola yang layak menjadi panutan.

Neymar sendiri merupakan satu di antara pemain bintang di Eropa. Bersama Paris Saint- Germain, penyerang berusia 28 tahun tersebut berhasil mencetak 69 gol dan 39 assist dari 80 pertandingan di seluruh ajang. Ia juga turut berkon­tribusi membantu PSG me­rebut lima titel juara, yakni dua gelar Ligue 1 Prancis, serta masing-masing satu Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions.

Meski kemampuan mengo­lah bola di atas rata-rata, Ney­mar dianggap memiliki sikap yang tak layak dicontoh. Mu­lai dari tukang diving, pamer skill untuk mempermainkan lawan, hingga melakukan protes berlebihan kepada wasit. ”Bagi saya Neymar bu­kan contoh yang baik untuk dijadikan panutan. Sebagai catatan, saya yakin dia adalah pemain yang fantastis,” kata Del Bosque. ”Neymar pasti ada dalam daftar saya untuk lima pemain top dunia. Te­tapi di lapangan dia terlalu banyak menipu dan berpura-pura,” sambungnya.

Saat ini, mayoritas kom­petisi di Eropa dihentikan hingga batas waktu yang tak ditentukan akibat pandemi virus corona. Sejumlah usulan pun muncul untuk menyudahi kompetisi lebih awal. Namun, Vicente del Bosque tak se­tuju dengan usulan tersebut.

Menurut pelatih yang sukses membawa Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu, liga ataupun turnamen harus di­akhiri di atas lapangan. ”Liga domestik harus selesai. Harus ada juara, degradasi, pro­mosi, dan sebagainya. Musim harus diselesaikan di atas segalanya,” ujar Del Bosque. (bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *