BWF Segel Peringkat Dunia Bulutangkis

by -

METROPOLITAN – Fede­rasi Bulu  Bulu Tangkis Dunia (BWF) secara resmi menyegel pe­ringkat dunia pemain hingga waktu yang belum ditentukan. Keputusan itu diambil imbas merebaknya pandemi virus corona alias Covid-19 yang memaksa penundaan berba­gai turnamen internasional dalam kalender BWF World Tour.

Penundaan terjadi untuk turnamen pada pertengahan Maret hingga akhir April 2020. Turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 yang seharusnya digelar di Denmark pada bu­lan Mei juga sudah pasti dit­unda.

”Saat ini sulit mempre­diksi kapan turnamen be­rikutnya akan digelar. Bahkan turnamen-turnamen yang dijadwalkan Mei dan Juni kemungkinan juga ditunda,” tulis BWF melalui situs res­minya.

Pembekuan peringkat dunia berlaku pada pekan ke-12. peringkat itu diperbarui se­telah turnamen terakhir yang berhasil digelar, yaitu All Eng­land 2020, yakni pada 17 Ma­ret lalu.

Daftar peringkat ini akan digunakan sebagai dasar un­tuk penentuan undian dan daftar unggul pada turnamen berikutnya. Namun, sulit di­prediksi kapan turnamen bulu tangkis akan kembali bergulir.

”BWF akan memberikan informasi lebih lanjut menge­nai proses bagaimana pering­kat akan kembali diaktifkan setelah turnamen bulutangkis internasional kembali bergu­lir,” ucap BWF.

”Namun, sulit menguraikan prosedur yang tepat sampai kami memiliki gambaran yang tepat seperti apa kalender turnamen internasional nanti­nya setelah kembali bergulir dan turnamen yang ditang­guhkan telah dijadwal ulang,” lanjut mereka.

Selain itu, BWF juga memas­tikan telah memulai langkah-langkah yang harus diambil menyusul penundaan Olim­piade Tokyo 2020. Komite Olimpiade Internasional telah mengumumkan Olimpiade akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

”BWF juga akan memulai proses meninjau ulang dam­pak dari sistem kualifikasi Olimpiade. Harap diperha­tikan bahwa konsekuensi pembekuan peringkat dunia tidak akan berlaku untuk sistem kualifikasi Olimpiade,” ujar BWF. (bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *