Digadang Jadi Presiden RFEF Spanyol

by -

METROPOLITAN – Mantan kiper dan legenda hidup Real Madrid, Iker Casillas, digadang bakal terpilih jadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dirinya di­prediksi mampu menyisihkan incumbent Luis Rubiales jika proses pemilihan digelar pe­kan ini.

Penjaga gawang FC Porto itu disebut diproyeksikan da­pat mengalahkan petahana dengan perbandingan suara 80 melawan 59. Dalam se­buah survei yang dilakukan oleh Cadena Ser, dukungan yang diberikan untuk Casillas pun mencapai angka 94 per­sen.

Terkait pencalonan pemain peraih trofi Piala Dunia (2010) dan Piala Eropa (2008, 2012) ini, tercatat sudah ada tujuh federasi regional yang me­nyatakan dukungan untuknya. Federasi-federasi itu ialah Madrid, Castilla y León, Cas­tilla la Mancha, Galicia, The Basque Country, Catalonia dan Andalucía.

Casillas, kiper jebolan Real Madrid junior, meraih ba­nyak gelar juara bersama Los Blancos. Penjaga gawang 38 tahun itu berseragam Madrid selama 16 musim dari tahun 1999 hingga 2015. Ia total mengemas 725 laga di semua ajang. Kiper kelahiran 1981 itu mengoleksi lima kali jua­ra Liga Spanyol dan dua kali Copa del Rey. Tiga gelar Liga Champions juga berhasil di­persembahkan dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Usai menuai sukses di San­tiago Bernabeu, Casillas me­mulai tantangan baru di Liga Portugal. Pemain yang menga­wali karier bersama Real Mad­rid C itu memutuskan heng­kang ke FC Porto pada musim 2015/2016.

Selama lima musim terakhir, ia mengemas 156 laga di semua kompetisi. Pemilik 167 caps bersama timnas Spanyol itu juga sukses meraih gelar juara Primeira Liga 2017/2018 dan trofi Supertaça Cândido de Oliveira 2018 atau Piala Su­per Portugal.

Meskipun selama empat tahun Casillas jadi salah satu kiper utama FC Porto, pada musim 2019/2020 ia belum sekali pun merum­put. Pada Mei 2019 lalu, Ca­s i l l a s sempat terkapar saat latihan karena serangan jan­tung dan men­jalani operasi darurat di RS. Kendati pulih lima hari ke­mudian, ia dilaporkan hanya menja­lani latihan ringan saja se­lama ini. FC Porto juga be­lum pernah me­mainkannya di bawah mistar pada laga resmi. (tir/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *