Ditarget Rampung Agustus

by -

METROPOLITAN – Presiden UEFA Aleksander Ceferin menargetkan kelanjutan Liga Champions dan Europa 2019/20 dapat selesai di awal Agustus 2020. UEFA bahkan telah menyiapkan opsi Final Four untuk merampungkan secepatnya dua kompetisi besar di Benua Eropa terse­but.

Sekadar diketahui, virus corona yang melanda Eropa menyebabkan kompetisi-kompetisi sepak bola dihen­tikan sementara. Lima liga top Benua Biru, serta Liga Champions dan Liga Europa mesti ditangguhkan. Sampai saat ini, belum diketahui pasti kapan kompetisi akan berakhir.

Meski demikian, Caferin berharap musim ini bisa di­selesaikan sepenuhnya paling lambat awal Agustus 2020, mengingat Piala Eropa tahun ini diundur ke 2021.

Untuk Liga Champions dan Liga Europa, Ceferin sangat terbuka dengan opsi Final Four atau tak ada lagi sistem pertandingan kandang-tandang di babak semifinal. Bahkan jika terdesak, aturan tersebut bisa diterapkan se­jak babak perempat final alias Final Eight.

”Ini harus berakhir di tang­gal 3 Agustus, baik Liga Champions dan Liga Europa. Saat ini merupakan situasi yang luar biasa yang kami alami, sehingga kami cukup fleksibel untuk tanggal dan waktu kick-off,” kata Ceferin.

”Kami bisa bermain dengan sistem saat ini, atau dalam pertandingan satu kali yang diselenggarakan di tepat netral. Untuk sekarang, itu baru menjadi opsi untuk bermain dengan Final Eight atau Final Four,” sambungnya.

”Satu-satunya keputusan yang salah saat ini adalah kami memainkan laga dengan mempertaruhkan kesehatan dan keamanan para pemain, penggemar, serta wasit. Namun jika kami berada di kondisi yang aman, maka saya tidak mempermasala­hkannya,” ujar Ceferin. (dtk/ rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *