Dorna Kontrak MotoGP Indonesia 10 Tahun

by -

METROPOLITAN – MotoGP Indonesia yang akan digelar di Mandalika mendapat tam­bahan kontrak dari lima tahun menjadi sepuluh tahun oleh Dorna Sports selaku promo­tor MotoGP. Kepastian MotoGP Indonesia dapat kontrak se­puluh tahun dari Dorna Sports diakui pelaksana MotoGP di Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Chief Strategic Communica­tion Officer MGPA Happy Harinto mengatakan, Indone­sia hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan untuk benar-benar meresmikan meng­gelar MotoGP di Mandalika selama sepuluh tahun ke depan.

”Intinya kami MGPA, se­cara menyeluruh sudah mela­kukan pembicaraan resmi dengan Dorna. Surat-meny­urat juga sudah kami lakukan. Kami mendapatkan persetu­juan menggelar MotoGP se­lama sepuluh tahun, hanya saja kami masih menyiapkan legalnya,” kata Happy Hari­anto.

Menurutnya, persoalan legal ini bisa sedikit memakan waktu mengingat dunia tengah dalam darurat pandemi virus corona (Covid-19). ”Kalau bertemu kan ’tek-tokannya’ jadi lebih enak,” ucap Happy.

Happy menjelaskan, Indo­nesia punya modal bagus untuk menggelar MotoGP dalam jangka waktu yang le­bih lama. Selain menggelar MotoGP di sikurit jalan raya pertama di dunia, lokasi sir­kuit juga berada di daerah pariwisata dengan angle yang berbeda dengan sirkuit-sir­kuit lain di dunia.

Hubungan baik dengan Dorna Sports juga bisa jadi aspek yang menguntungkan untuk Indonesia mendapatkan kontrak tambahan menggelar MotoGP. ”Yang penting prio­ritas kami, di tahun pertama ini kita sukses dahulu,” im­buhnya.

Terkait penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada 2021, MGPA memastikan persiapan dan pembangunan berjalan sesuai jadwal meski di tengah pandemi Covid-19. Saat ini pengerjaan Sirkuit Mandalika sudah 30 persen yang seluruh pekerjaan tersebut termasuk ground work yang meliputi: land clearing, tembok beton, galian tanah trek dan peker­jaan timbun tanah.

”Alhamdulillah sampai saat ini semuanya sesuai jadwal. Kami tetap jalan di tengah pandemi, tapi kami tetap mengikuti protokol Covid-19 dari pemerintah atau WHO,” tutur Happy.

Indonesia akan kembali am­bil bagian dari ajang balapan motor terbesar di dunia itu pada 2021 mendatang lewat seri MotoGP Indonesia di Man­dalika yang digelar di Sirkuit Mandalika. Kepastian Indone­sia menggelar MotoGP tahun depan dikonfirmasi Indonesia Tourism Development Com­pany (ITDC), awal 2019. Ketika itu ITDC mengonfirmasi Mo­toGP Indonesia mendapat kontrak lima tahun sejak 2021. (cnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *