Imunisasi Campak Jangan Diabaikan

by -

METROPOLITAN – Sejum­lah agensi Perserikatan Bang­sa-Bangsa (PBB) mempering­atkan lebih dari 117 juta anak-anak di seluruh dunia berpo­tensi melewatkan imunisasi campak di tengah pandemi virus corona (covid-19). Ini dikarenakan banyak negara sedang memfokuskan kam­panye kesehatan terhadap isu Covid-19, bukan campak.

Menurut pernyataan kelom­pok Measles & Rubella Initia­tive (M&RI), saat ini ada 24 negara yang sudah menunda kampanye imunisasi campak. Mereka khawatir jumlah ne­gara yang mengikuti langkah serupa akan terus bertambah. M&RI merupakan kelompok yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-Anak PBB (UNI­CEF) dan beberapa organi­sasi lainnya.

”Jika keputusan sulit menun­da vaksinasi (campak) telah diambil karena penyebaran Covid-19, kami mendorong para pemimpin global meng­intensifkan upaya melacak anak-anak yang belum divaksi­nasi saat situasi di lapangan sudah memungkinan,” kata pernyataan M&RI.

”Kami menyadari sistem kesehatan sedang kewalahan menangani Covid-19, tapi menghadirkan layanan imu­nisasi, termasuk vaksin cam­pak, merupakan hal penting untuk menyelamatkan nyawa dari penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa dicegah,” katanya disitat dari Evening Standard, Rabu (15/4).

Karena sebagian besar ne­gara sedang fokus menjaga keselamatan para pekerja kese­hatannya di tengah pandemi Covid-19, WHO mengeluarkan rekomendasi untuk menghen­tikan sementara sejumlah kampanye imunisasi, termasuk campak. Sejumlah negara yang sedang menghentikan kampa­nye imunisasi campak adalah Brasil, Republik Demokratik Kongo, Lebanon, Meksiko, Ni­geria, Sudan Selatan dan Ukrai­na.

M&RI mendukung upaya WHO dalam melindungi para pekerja kesehatan global dari Covid-19. Namun, M&RI menegaskan ini bukan artinya mengabaikan anak-anak dari ancaman campak dan penyakit lainnya.

Desember lalu, WHO men­gatakan campak telah meng­infeksi hampir 10 juta orang pada 2018 dan menewaskan 140 ribu, sebagian besar anak-anak. Campak adalah penya­kit yang menimbulkan gejala batuk, ruam dan demam. Campak sangat menular, tapi mudah dicegah melalui vaksi­nasi. (lam/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *