Ini 5 Aplikasi Kesehatan Rujukan Jokowi

by -

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­minta masyarakat Indonesia berobat secara online melalui aplikasi kesehatan atau tele­medicine untuk mengetahui keterpaparan Covid-19. Untuk itu, pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai apli­kasi kesehatan. ”Tidak semua orang harus ke dokter atau ke rumah sakit atau ke puskesmas, tetapi bisa lewat telemedicine, sehingga mengurangi risiko ada tenaga medis tertular,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, penggu­naan aplikasi telemedicine di Indonesia meningkatdari 4 juta menjadi 15 juta. Berikut 5 aplikasi yang telah resmi ditunjuk pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19:

  1. KlikDokter dari Kalbe

Anak usaha Kalbe, yakni KlikDokter, telah ditunjuk pemerintah untuk mengedu­kasi dan membantu membe­rikan informasi yang benar terkait Covid-19. KlikDokter juga menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 gratis yang siap siaga 24 jam melayani pengguna untuk konsulitasi online.

  1. Grab dan Good Doctor

Grab Indonesia dan Good Doctor telah bekerja sama dengan Kemenkes mengha­dirkan layanan pemeriksaan awal Covid-19. Layanan ini dapat digunakan untuk ber­konsultasi dengan dokter dari Good Doctor melalui fitur GrabHealth pada aplikasi Grab.

  1. Gojek dan Halodoc

Gojek dan Halodoc juga te­lah menandatangani perjan­jian kerja sama dengan Ke­menkes untuk pemeriksaan awal Covid-19. Pengguna dapat melakukan self assess­ment risiko Covid-19 dan konsultasi online bersama 20.0000 dokter berlisensi dari Halodoc.

  1. Alodokter

Guna mendukung program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kemenkes, Alodokter menghadirkan layanan chatbot yang mampu berinteraksi cepat untuk men­jawab pertanyaan terkait Co­vid-19. Layanan ini bisa di­akses melalui website resmi Alodokter.

  1. SehatQ

SehatQ melalui Aliansi Tele­medika Indonesia (Atensi) juga telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Keseha­tan untuk menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 melalui situs resmi SehatQ yang bisa diakses secara gratis oleh peng­guna. (de/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *