Pemdes Lemahduhur Data Setiap Orang Asing

by -

CARINGIN – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemahduhur, Ke­camatan Caringin, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Ber­sama warga, pemdes menga­dakan penyemprotan massal dengan sasaran kendaraan yang masuk Lemahduhur. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di rumah warga, tempat ibadah dan warung-warung dengan cai­ran disinfektan.

Kades Lemahduhur, Ujang Najmudin, mengatakan, penyemprotan massal ini melibatkan Badan Permu­syawarahan Desa (BPD), LPM, ketua RT/RW, Bhabinkamtib­mas Polsek Caringin, Bha­binsa Koramil 2122 Ciawi-Caringin dan 70 relawan Covid-19 dari seluruh desa. Tujuannya tak lain untuk memutus mata rantai wabah corona. ”Kami mengikuti perintah pemerintah pusat agar dilakukan penyemprotan oleh Tim Relawan Covid-19. Seperti yang dilakukan pada Minggu (5/4), penyemprotan difokuskan pada kendaraan roda empat, terutama dari Jakarta yang mau berobat ke pengobatan alternatif patah tulang di sini,” terangnya.

Tak hanya itu, Tim Relawan Covid-19 juga mendata war­ga luar wilayah agar diketahui keberadaan dan maksud ke­datangannya. ”Kalau sekarang ini kami lakukan di jalan umum Cimande yang berbatasan antara Desa Lemahduhur dengan Desa Cimandehilir. Kami sengaja mendata untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Sementara itu, seorang pen­gunjung dari Jakarta yang hendak bertamu ke Cimande, Yuli, mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemahduhur.

”Saya sangat mengapresiasi. Apalagi tujuannya kan baik yakni melakukan pencegahan dan pendataan. Ini harus di­dukung agar tak terjadi penye­baran virus corona dan tahu keadaan orang yang datang itu apakah terindikasi atau tidak,” pungkasnya. (nto/c/feb/py)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *