Pemekaran Bogor Barat Nanti Dulu, Anggarannya untuk Penanganan Corona

by -

METROPOLITAN.id – Anggaran Rp40 miliar untuk persiapan Daerah Otonomi Baru (DOB) atau pemekaran Kabupaten Bogor Barat dialihkan untuk penanganan virus corona atau covid-19.

Semula anggaran yang tertuang di APBD 2020 itu dialokasikan untuk pembebasan lahan calon ibu kota DOB Kabupaten Bogor Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, untuk menangani virus corona di Bumi Tegar Beriman, setiap anggaran yang bisa ditunda akan digeser.

Selain anggaran DOB Bogor Barat, Pemkab Bogor juga telah mengalokasikan anggaran sisa Belanja Tidak Terduga (BTT) sisa penanganan bencana Sukajaya, iuran anggota Korpri, serta pergeseran anggaran SKPD yang mencapai Rp80 miliar.

“Kita sedang rapatkan dengan DPRD anggaran SKPD mana saja yang bisa digeser. Karena ini demi nyawa manusia. Jadi nanti anggaran yang sudah digeser diharapkan bisa dianggarkan lagi di APBD Perubahan 2020,” kata Burhan, Rabu (1/4).

Menurutnya, anggaran tersebut akan digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan dan sebagian untuk membeli 1.000 unit alat rapid test.

Pertimbangan menggeser anggaran persiapan DOB Bogor Barat karena belum ada kejelasan dari pemerintah pusat terkait pencabutan moratorium DOB.

“Ya salah satunya itu. Toh kita juga bisa anggarkan nanti di perubahan dan di tahun berikutnya. Yang penting untuk menyelamatkan manusia dulu. Karena ini berkaitan dengan nyawa,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *