PMI Rakit Mesin Penyemprot Disinfektan di Gunungputri

by -

METROPOLITAN – Ketua Umum Palang Merah Indo­nesia (PMI), HM Jusuf Kalla, meninjau langsung proses perakitan armada gunner milik PMI. Perakitannya dila­kukan di PT Cidas Supra Me­talindo, Desa Cicadas, Keca­matan Gunungputri, Kabu­paten Bogor.

Dalam perakitan ini, PMI rencananya membuat sekitar 40 armada gunner yang di­gunakan untuk melakukan penyemprotan di Jabodetabek dan kota-kota besar di Indo­nesia. Di antaranya Jawa Ba­rat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera dan Sulawesi.

Saat ini lima unit armada gunner telah dioperasikan di wilayah DKI Jakarta yang merupakan daerah episen­trum pandemi Covid-19. Sedangkan sisanya ditarget dua minggu ke depan, bisa dioperasionalkan dan didist­ribusikan ke daerah. Selain mobil gunner, PMI juga me­miliki 120 unit mobil tangki air, 230 unit mobil pikap dan 30 unit motor tiga roda yang dimodifikasi menjadi ken­daraan penyemprotan disin­fektan

Menurutnya, ini merupakan langkah preventif PMI dalam memutus mata rantai penye­baran virus Covid-19. ”Lebih baik kita bersusah-susah se­karang daripada kita bersusah di rumah sakit atau di kubu­ran,” katanya.

Sementara itu, PMI juga telah melakukan penyem­protan di 131 kabupaten/kota di 26 provinsi dengan jumlah titik penyemprotan sebanyak 3.652, di mana se­bagian besar yang disemprot adalah rumah ibadah, fasi­litas pendidikan, pasar, taman, perkantoran dan pemukiman warga. (fjr/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *