PON 2020 Diprediksi Molor Tahun Depan

by -

METROPOLITAN – Jadwal penyelenggaraan PON XX/2020 Papua diprediksi akan molor dari waktu yang sudah diten­tukan. Ajang multieven an­tarprovinsi di Indonesia yang direncanakan digeber pada 20 Oktober hingga 2 Novem­ber mendatang diperkirakan akan mundur hingga 2021.

Komisi X DPR juga sempat mengemukakan wacana penundaan PON. Mereka meminta pemerintah meng­kaji ulang jadwal pelaksana­an PON. Sebab, persebaran pandemi yang disebabkan virus corona baru itu telah sampai ke seluruh provinsi.

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, pandemi Covid-19 diperkirakan me­reda setidaknya Juli menda­tang. Jika bisa teratasi lebih cepat, masih butuh waktu recovery. Paling lama hingga akhir tahun.

’’Kapan wabah Covid-19 ini berakhir kan tidak ada yang tahu. Kami menyiapkan anti­sipasi. Kami memperkirakan Agustus sampai Desember itu masa recovery dan tidak ada aktivitas apa pun,’’ kata Gatot. ”Kami juga belum tahu apakah PON masih bisa berlangsung. Demikian juga Perparnas (Pe­kan Paralimpiade Nasional, Red),’’ sambungnya.

Kepastian PON XX ditunda atau tidak masih menunggu arahan presiden melalui sidang kabinet. Kemenpora telah menyiapkan beberapa ren­cana. ’’Kalaupun PON mundur, mungkin digelarnya awal Maret. Sebab, kalau mau Ja­nuari sampai Februari, kami kesulitan menyiapkan ang­garan Rp500 miliar untuk pengadaan barang dan jasa,’’ ucap Gatot. ”Anggaran PON tidak boleh diganggu gugat,’’ ujarnya.

Sekadar diketahui, jika penyelenggara PON 2020 di­selenggarakan lebih dari Ma­ret, agenda pasti akan ber­tumpuk. ASEAN Para Games yang dijadwalkan 3-9 Oktober juga mundur dan diprediksi digelar pada Januari 2021. Kemudian, ada Piala Dunia U-21 yang berlangsung pada Mei-Juni. Sete­lah itu, agenda makin padat dengan adanya Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli–8 Agustus 2021. (jp/rez/ run)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *