Proyek Rumah Subsidi Tetap Jalan Meski PSBB

by -

METROPOLITAN – Aso­siasi Pengembang Peruma­han dan Permukiman Seluruh Indonesia memastikan bahwa pengerjaan proyek hunian bersubsidi akan terus ber­lanjut menyusul akan dite­rapkannya Pembatasan So­sial Berskala Besar (PSBB) di tiga wilayah Jawa Barat yakni Bogor, Depok dan Be­kasi.

Pengerjaan proyek hunian bersubsidi untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) itu akan mengedepankan protokol pencegahan virus corona jenis baru (Covid-19) yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Peru­mahan Rakyat (PUPR). ”Peng­erjaan proyek di Bogor, De­pok, Bekasi jalan terus, akan tetapi agak lambat progres [pembangunan] di lapangan,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Peru­mahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Yoyo Sugeng Triyogo.

Dia menjelaskan, sebagian pengembang di bawah keang­gotan Apersi masih terus melanjutkan pengerjaan proyek meski terbebani arus kas mengingat tingkat pen­jualan turun drastis. Bahkan, dia mengalami sendiri be­tapa sulitnya menjual hu­nian bersubsidi di tengah kondisi saat ini, mengingat penjualan tercatat tak se­perti biasanya. Hingga me­masuki pertengahan bulan ini saja, pengembang hanya bisa menjual satu unit rumah. Padahal, sebelum ada virus corona rata-rata penjualan rumah bersubsidi bisa men­capai 30 unit. Artinya, ting­kat penjualan turun drastis hingga 90 persen.

”Kondisi sebelum corona, rata-rata penjualan kami per bulan itu 30 unit. Sekarang syukur-syukur kalau laku tiga unit per bulan. Saya ya­kin kondisi teman-teman yang lain tidak jauh berbeda,” ujarnya.

Pada saat yang bersamaan, sambung dia, kondisi ini ditambah sulitnya akses pe­layanan sejumlah instansi lantaran tengah menerapkan implementasi bekerja dari rumah untuk menekan ma­ta rantai Covid-19.

Yoyo mengaku salah satu pelayanan yang kurang ber­jalan dengan baik di saat kondisi seperti ini adalah kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), sehingga menghambat beberapa MBR yang siap melakukan akad kredit. (bis/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *