PT KAI Kembalikan Tiket Calon Pemudik 100 Persen

by -

METROPOLITAN – Keputu­san pemerintah soal imbauan untuk tidak mudik bagi masy­arakat, direspons pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sebagai salah satu transpor­tasi favorit mudik masyarakat, PT KAI terapkan kebijakan pengembalian biaya tiket 100 persen bagi calon penumpang yang hendak mengurungkan niatnya untuk mudik.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan nuntuk membantu pemerintah dalam menekan angka mobi­litas masyarakat, dari satu wi­layah ke wilayah lain, terlebih bagi masyarakat yang hendak kembali ke kampung halaman.

Kebijakan tersebut diterapkan pihaknya hingga 4 Juni men­datang, atau H+10 Idul Fitri. “Awalnya program ini hanya sampai 29 Mei, tapi kita per­panjang hingga 10 hari setelah Lebaran. Jadi dengan pengem­balian uang tiket 100 persen ini, diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk tidak mudik, dengan mengembalikan 100 persen biaya tiketnya,” ka­tanya.

Pembatalan perjalanan dan pengembalian uang tiket, bisa dilakukan masyarakat melalui dua cara. Bisa melalui aplikasi KAI Access, ataupun datang langsung ke stasiun yang sudah ditetapkan pihak PT KAI seba­gai lokasi pengembalian tiket mudik Lebaran. “Uang pem­batalan akan dikembalikan secara transfer atau tunai dalam 30-45 hari kerja,” ujarnya.

Eva menambahkan, untuk wilayah pelayanan Daop 1, setidaknya pihaknya sudah menetapkan delapan stasiun, yang bisa digunakan masyara­kat untuk melakukan pengem­balian tiket mudik Lebaran. Yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikampek, Rangkasbitung, Serang, dan Stasiun Bogor Kota. “Kebijakan ini berlaku untuk semua tujuan mudik Lebaran,” tutupnya. (ogi/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *