Resmi! UEFA Hentikan Kompetisi Eropa

by -

METROPOLITAN – Fede­rasi Sepak Bola Eropa atau UEFA secara resmi menghen­tikan sejumlah kompetisi antarklub Eropa sampai batas waktu yang belum ditentukan. UEFA juga telah membuat keputusan terkait nasib be­berapa laga internasional yang rencananya akan digelar pada Juni 2020.

Dilansir dari Sky Sports, UEFA telah mengadakan per­temuan virtual dengan 55 negara anggota federasi pada Rabu (1/4). Dalam pertemu­an yang berlangsung kurang dari tiga jam tersebut, UEFA membahas soal kelanjutan kompetisi yang banyak men­galami penundaan akibat pandemi virus corona, ter­masuk kompetisi internasio­nal.

UEFA akhirnya membuat keputusan, seluruh laga in­ternasional yang dihelat pada bulan Juni 2020 dit­unda. Sementara, mereka juga memastikan bahwa laga-laga Liga Champions dan Liga Europa dibekukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Penundaan itu termasuk play-off Euro 2020 yang me­libatkan Iralndia Utara, Re­publik Iralndia dan Skotlandia. Pertandingan kualifikasi Euro wanita 2021 juga turut mengalami penundaan ber­dasarkan keputusan terbaru UEFA tersebut.

”Semua pertandingan tim nasional untuk pria dan wa­nita yang akan dimainkan pada Juni 2020 ditunda hing­ga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk pertandingan play-off untuk Euro 2020 dan pertandingan kualifikasi un­tuk wanita Euro 2021,” demi­kan pernyataan UEFA.

”Semua pertandingan kom­petisi UEFA lainnya, terma­suk pertandingan persaha­batan internasional terpusat, tetap ditunda hingga pem­beritahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan yang sama. Namun, tak satu pun aso­siasi mengedepankan topik pembatalan musim.

Sumber lain, dari Daily Mail, menyebutkan bahwa kepu­tusa UEFA ini berhubungan dengan kelanjutan kom­petisi domestik. UEFA mem­prioritaskan untuk menyele­saikan semua kompetisi domestik pada akhir Juni 2020. Hal tersebut sesuai dengan hasil konferensi jarak jauh pertama, beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa musim 2019-2020 besar kemungkinan batal apabila kompetisi tak kembali bergu­lir pada akhir Juni.

Sementara, UEFA juga mengemukakan solusi tur­namen mini untuk menen­tukan pemenang Liga Cham­pions dan Liga Europa demi mengurangi kepadatan jad­wal setelah musim dimulai kembali. (kom/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *