Endang Sebar 2,6 Ton Ikan demi Tekan Stunting

by -

METROPOLITAN – Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Endang Setyawati Thohari tetap berusaha men­ekan angka stunting.

Perempuan yang maju dari Dapil Jabar III (Kota Bogor-Kabupaten Cianjur) ini me­nyalurkan bantuan sosial lebih dari 400 paket ikan un­tuk warga Kota Bogor, Sabtu (17/5).

Bantuan tersebut berupa ikan laut yang dibekukan serta olahan ikan berupa otak-otak ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

”Bantuan ini merupakan hasil Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan Regional Jakarta 1 KKP, yang langsung dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur,” kata En­dang saat membagikan paket bantuan di Rumah Aspirasi Sahabat EST (Endang Setya­wati Thohari) di Perumahan Baranangsiang Indah Kota Bogor.

Menurutnya, ada beberapa kriteria warga penerima ban­tuan. Pertama, warga yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terpaksa dirumahkan karena pandemi Covid-19 dan memiliki balita. Kedua, ibu-ibu hamil. Ketiga, korban Covid-19. Keempat, lansia dan juga masyarakat yang benar-benar membutu­hkan. ”Semoga dapat mem­bantu masyarakat memenuhi kebutuhannya di tengah pan­demi ini. Banyak masyarakat yang di-PHK, banyak juga yang harus dirumahkan dan tidak bisa bekerja. Kebanyakan yang kita utamakan yang punya anak balita dan ibu hamil, karena Kota Bogor dan Ka­bupaten Cianjur salah satu wilayah di Jawa Barat yang angka stuntingnya masih tinggi,” ungkapnya.

Dalam penyaluran bantuan ini, pihaknya sudah memben­tuk tim dapil dengan dibantu tenaga ahli, sespri dan struk­tur DPC untuk turun mela­kukan pengecekan, serta verifikasi data dengan pen­dataan warga yang benar-benar membutuhkan. Se­hingga penyaluran dipastikan tepat sasaran. ”Terima kasih sebesar-besanya kepada Men­teri KKP Bapak Edhy Prabowo beserta jajarannya yang sudah memberikan bantuan paket ikan dan olahan ikan untuk masyarakat yang membutu­hkan di Kota Bogor dan Ka­bupaten Cianjur. Ini juga bertepatan dengan Hari Bakti Karantina. Semoga KKP semakin jaya,” harapnya.

Di tempat yang sama, per­wakilan dari KKP, Dzikri No­vel, menjelaskan bantuan yang diberikan untuk Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ber­bentuk ikan laut segar yang dibekukan sekitar kurang lebih 2,6 ton ikan, olahan ikan 1,3 ton dan 1.300 ikan kaleng.

Hasil ikan olahan yang di­bagikan berasal dari UMKM masyarakat pesisir yang di­beli dan disalurkan kembali. ”Karena memang sekarang ini banyak yang kesusahan. Makanya kita beli dari masy­arakat dan kita kembalikan ke masyarakat.

Seperti arahan Bapak Men­teri KKP Edhy Prabowo, agar masyarakat di Bogor dan Ci­anjur bisa mendapatkan lebih banyak asupan protein, mi­neral, vitamin dari ikan. Ka­rena dilihat data di wilayah Bogor dan Kabupaten Cianjur masih kurang, sehingga ang­ka stunting masih tinggi. “Ka­rena itu, kita dukung dengan program Gemar Makan Ikan,” pungkasnya. (fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *