Gali Septic Tank Malah Temukan Benda Zaman Purba

by -

METROPOLITAN – Warga Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, dikejutkan dengan penemuan beberapa benda kuno yang diduga sisa-sisa peninggalan kehidupan di zaman purba. Sejumlah ba­rang kuno ini ditemukan pertama kali oleh warga Kam­pung Cigorowong ketika hendak menggali septic tank di halaman rumah warga setempat.

Beragam benda kuno, mu­lai dari batu, mata uang ber­bentuk koin, cermin, tusuk konde hingga tulang–belulang yang sudah menjadi batu itu pun menjadi viral di media sosial (medsos). Tak ayal, warga sekitar yang penasaran langsung menuju lokasi te­muan fosil tersebut.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cileungsi, Supendi, mengaku belum bisa berkomentar lebih dalam terkait temuan warga yang diduga fosil tersebut. Hal itu tentu harus dipastikan kebenarannya, sehingga tidak membuat gaduh warga yang hanya menduga-duga. “Belum bisa dipastikan itu pening­galan zaman dulu atau bukan. Baru kemarin (Rabu, red) saya dapat informasi tersebut,” katanya.

Hingga saat ini, sambung Supendi, informasi terkait temuan benda yang diduga fosil itu masih simpang-siur. Sebab, warga si penemu be­lum melaporkan temuannya yang membuat heboh jagat maya. “Belum ada yang lapor ke desa. Kami masih menung­gu apakah itu benar fosil atau bukan,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Pe­muda Desa Cileungsi, Dede Firdaus, menilai, penemuan benda kuno itu kemungkinan besar bisa dibenarkan seba­gai barang atau benda pening­galan zaman penjajahan di Indonesia. Di masa masih menjadi aktivis HMI Univer­sitas Pakuan, wilayah Desa Cileungsi sempat menjadi lokasi peristirahatan warga Belanda.

“Bisa jadi itu benar fosil. Seperti diketahui, banyak orang tua dulu menyebut daerah Cileungsi menjadi tempat tinggal penjajah Belanda,” pungkasnya. (reg/rb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *