Jaling Jambu Luwuk Sudah Layak Pakai

by -

METROPOLITAN – Pengaspalan jalan lingkungan (Jaling) di wilayah Desa Jambu Luwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor yang dibiayai dari Dana Desa (DD), kini sudah diperbaiki. Jalan yang semula rusak itu sudah dilapis kembali dengan  hotmix yang halus,karena sebelumnya jalan itu menggunakan hotmix yang kasar.

Kepala Desa Jambu Luwuk Mulyana mengatakan, rusaknya jaling disebabkan o beberapa faktor,diantaranya adalah cuaca yang cukup ekstrim dengan intensitas curah hujan yang tinggi.

“Menurut tenaga ahli,curah hujan juga mempengaruhi terhadap kekuatan aspal,karena setelah dikerjakan,hujan langsung turun dan menerpa hotmix,” kata Mulyana.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK ) Jambu Luwuk,Dadan, memaparkan, pengerjaan perbaikan jaling langsung dikerjakan oleh masyarakat,tenaga ahli dan TPK. Pengerjaan itu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah desa kepada masyarakat,sehingga jalan yang diperuntukan bagi warga menjadi layak pakai.

“Pelapisan aspal dilakukan sampai 3 kali,sehingga bisa dipastikan jika ketebalannya cukup memadai. Warga dan TPK ikut mengawasi serta turut melaksanakan pengerjaan,dan masih garansi sehingga tidak mengeluarkan biaya lagi,” ungkap Dadan.

Terpisah, Pendamping Desa Wilayah Kecamatan Ciawi, Ade Salman menegaskan, tugas pemdamping adalah membimbing dan mengawasi implemtasi Dana Desa (DD) di lapangan, sehingga rusaknya jaling di Jambu Luwuk masih bisa diperbaiki,karena belum dilaksanakan opname.

“Nantinya jalan yang dikerjakan dari DD akan diperiksa,apakah sesuai anggaran atau tidak, dan kami sebagai pendamping desa memang bertanggung jawab dalam hal pengawasan. Alhamdulilah sekarang jalan yang rusak itu sudah diperbaiki,sehingga bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama,” tutupnya. (ash/b/suf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *