Kades Ajukan Bantuan Perbaikan Rumah Warga ke KemenPUPR

by -

Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungputri dan Fraksi DPRD PKS Kabupaten Bogor bakal meminta bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengajuan bantuan itu dilakukan lantaran tebing di Kali Cigede, Kampung Gunungputri Selatan sepanjang 1 km dan memiliki ketinggian 100 m itu terancam longsor.

SELAIN itu, pergeseran tanah di RW 07 dan RW 02 Desa dan Kecamatan Gunung­putri, Kabupaten Bogor, be­berapa waktu lalu, mem­buat 13 unit rumah menga­lami kerusakan ringan, sedang hingga berat.

”Sebanyak 4 unit rumah mengalami rusak berat, 3 unit rumah rusak sedang dan 6 unit rumah lainnya rusak ringan. Selain itu, tebing Sungai Cigede juga terancam longsor hingga warga me­mohon bantuan dari Kemen­terian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat,” terang Kepala Desa (Kades) Gunung­putri, Damanhuri, kemarin.

Untuk 7 unit rumah yang rusak berat dan sedang yang ditinggali puluhan jiwa itu, sambung dia, Pemdes Gunungputri mengusulkan kepada Pemkab Bogor atau­pun Pemprov Jawa Barat untuk direlokasi ke tempat lebih aman.

”Pergeseran tanah terus terjadi hingga beberapa tahun ini tanpa antisipasi penanga­nan. Oleh karena itu, kami mengusulkan agar 7 unit rumah yang mengalami rusak berat dan sedang segera di­relokasi ke tempat lebih aman,” terangnya.

Sementara itu, anggota Ko­misi III DPRD Ahmad Fatho­ny dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor KH Agus Salim yang mengunjungi lo­kasi langsung memberikan bantuan uang dan paket sem­bako untuk pemilik 13 unit rumah yang mengalami ke­rusakan.

”Bantuan uang dan paket sembako ini hanya stimulus. Bagi kader PKS yang mampu akan berlanjut memberikan bantuan sosial kepada ma­syarakat RW 07 dan RW 02 Kampung Gunungputri Se­latan, Desa Gunungputri yang terdampak bencana perge­seran tanah ini,” ujarnya.

Mengenai permohonan penanganan bencana alam pergeseran tanah ini bakal di­komunikasikan dengan Pem­kab Bogor, Pemprov Jawa Barat maupun pemerintah pusat. ”Sungai itu kan kewenangannya ada di Pemprov Jawa Barat ataupun pemerintah pusat hingga penanganan tebing yang terancam longsor, kami akan meminta bantuan mereka,” jelasnya. (ink/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *