Mensos Ingatkan Warga Belanja Kebutuhan Pangan

by -

Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara, meninjau langsung proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Sembako di Kota Bogor, kemarin siang. Dua titik yang dikunjungi mensos adalah SDN Cilendek Timur 1, Bogor Barat dan kantor Kelurahan Cilendek Timur

DALAM kunjungan di SDN Cilendek Timur 1, mensos ber­dialog dengan warga yang tengah mengambil BST. Men­sos menjelaskan, warga akan menerima BST selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni. Ia mengimbau kepada KPM agar BST digunakan un­tuk membeli kebutuhan pangan. Setiap keluarga akan menerima Rp600 ribu per bu­lan. “Adapun total pemberian BST untuk Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor berjumlah 575 KPM,” katanya kepada awak media.­

Setelah mengunjungi pene­rima BST, mensos mendatan­gi kantor Kelurahan Cilendek Timur yang letaknya bersebe­lahan dengan sekolah. Di lo­kasi ini, menteri meninjau pencairan Program Sembako dengan total sasaran 317 KPM.

Saat penyaluran BST dan Program Sembako, pihaknya melakukannya sesuai protokol kesehatan untuk mengantisi­pasi penyebaran dan penularan Covid-19 dengan menerapkan jarak sosial, pemeriksaan suhu badan dan penyediaan hand sanitizer di meja transaksi.

Kementerian Sosial pun me­mastikan BST tahap kedua bagi warga terdampak Covid-19 akan cair awal Juni. Mensos Juliari P Batubara menjelaskan, rencana awal Juni gelombang kedua sudah bisa dicairkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

”Saat ini dana BST tahap dua sudah berada di kantor PT Pos Indonesia (Persero). Mereka tinggal tunggu perintah pencai­ran dari pemerintah. Sedangkan gelombang ketiga kan kalau sesuai jadwal itu minggu ketiga Juni. Data KPM penerima BST di Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.070.758 keluarga,” katanya.

Dalam penyaluran BST, selain menggandeng PT Pos Indone­sia, Kemensos juga menggan­deng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Kemensos menargetkan jumlah penerima BST seluruh Indonesia men­capai 9 juta KPM. Perlu dike­tahui, dari data tersebut PT Pos Indonesia mengkaver sekitar 8,3 juta KPM dan sisanya disa­lurkan Himbara.

Turut mendampingi mensos, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Kepala Dinas So­sial Kota Bogor Anggraeny Is­wara, Kasubdit Pendampingan dan Pemberdayaan Buyung Rachim Mosad serta perwaki­lan PT Pos Indonesia Hendry Rumahorbo. (ogi/b/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *