Meski PSBB, Pasar di Bogor Penuh Sesak

by -

METROPOLITAN.id – Sepekan jelang Lebaran, sejunlah pasar di Kota Bogor mulai diserbu masyarakat.

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang digencarkan untuk menekan penyebaran virus corona atau covid-19 nyatanya tak mampu menahan kebiasa warga berbelanja jelang Lebaran.

Pantauan Metropolitan.id, salah satu pasar yang dipadati masyarakat adalah Pasar Bogor. Mereka berdesakan berbelanja berbagai kebutuhan tanpa mengindahkan psychal distancing. Bahkan, nampak masih ada warga yang enggan mengenakan masker.

Salah seorang pengunjung pasar, Umi Tati (55) mengatakan, dirinya terpaksa keluar dan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan jelang lebaran.

Ia mengaku membeli beberapa bumbu dapur dan pakaian baru untuk hari raya.

“Ya kan biasanya kita lebaran masak, kaya opor, rendang. Jadi sekarang persiapannya. Sekalian cari baju lah buat hari raya,” ungkap Umi, Minggu (17/5).

Dirinya pun mengaku mengetahui sempat ada pedagang pasar yang positif corona. Namun, ia tetap berbelanja dengan mengenakan masker agar lebih aman.

“Yang penting kan pake masker. Kalau kita ngga belanja, terus pemerintah mau nganterin ke rumah,” ungkapnya.

Kondisi ini mendapat sorotan dari Wakil Ketua Satgas Covid-19 DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor seharusnya memberikan sikap tegas terkait dibuka atau ditutupnya pasar yang ada di Kota Bogor.

“PSBB diperpanjang tapi tidak ada tindakan. Pemkot seharusnya jangan tutup mata melihat hal ini,” tegas pria yang akrab disapa ASB.

Menurutnya, apa yang saat ini tengah terjadi merupakan buntut dari kebijakan yang setengah-setengah.

“Jika saja Pemkot Bogor mau menegaskan aturan dan sanksi sedari awal, mungkin kesadaran dan rasa takut masyarakat bisa menjadi benteng dan mengurungkan niatnya untuk keluar rumah,” tandasnya. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *