Pemkot Bogor Terima Bantuan Olahan Ikan

by -

METROPOLITAN – Badan Karantina Ikan, Pengenda­lian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyera­hkan bantuan olahan ikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, mulai dari ikan kaleng, ikan beku hing­ga olahan ikan lainnya.

Kepala BKIPM Rina men­gatakan, pemberian bantuan tersebut untuk mempering­ati Bulan Mutu Karantina 2020. Acara bertajuk ’Berbagi Ikan Sehat Bermutu untuk Melawan Covid-19’ tersebut menyasar di tiga wilayah yang ada di Jawa Barat. Ketiga wilayah tersebut adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Ia menjelaskan, Bulan Mu­tu Karantina 2020 merupakan program tahunan BKIPM yang bertujuan menambah asupan protein dari ikan sehat dan bermutu sehingga menambah kekebalan tubuh masyarakat di tengah masa pandemi Co­vid-19.

Seiring Kegiatan Bulan Mutu Karantina 2020, selama Ramadan, KKP secara nasio­nal mengadakan Program Nasi Ikan. Yakni pembagian makanan berupa nasi dengan lauk ikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, untuk mendorong peningka­tan konsumsi ikan sebagai sumber protein.

”Bantuan yang diserahkan sebanyak 2,6 ton ikan beku, 1,3 ton ikan olahan dan 3.900 ikan kaleng yang sudah dike­mas sebanyak 1.300 paket, di mana setiap paket berisi 2 kg ikan beku, 1 kg olahan otak-otak ikan dan tiga ikan kaleng,” beber Rina kepada Metropo­litan.

Paket-paket tersebut, sam­bung Rina, dibagi dalam tiga tahap. Tahap satu pada 16 Mei 2020 sudah diserahkan 200 paket di Kota Bogor. Tahap dua pada 17 Mei 2020 di Ka­bupaten Cianjur sebanyak 500 paket, dan untuk tahap tiga pada hari ini 18 Mei 2020 di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sebanyak 600 paket.

Sementara itu, alam penyera­han bantuan tersebut turut hadir pula anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III H Endang Setyawati Thohari, anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III Budhy Setiawan, anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat V Ichsan Firdaus serta pejabat dari instansi Pemkot Bogor. (ogi/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *