Penyebar Hoaks Pedagang Pasar Cileungsi Corona bakal Dipolisikan

by -

METROPOLITAN – Pelaku penyebar hoaks 13 pedagang di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, positif Covid-19 bakal dipolisikan. Pelaku pun di­minta mempertanggungja­wabkan perbuatannya.

Kepala Pasar Cileungsi, Mulyadi, menuturkan, kabar hoaks ini sangat merugikan. “Senin, kita lanjutkan bikin laporan ke polisi,” katanya.

Untuk membuat suasana pasar kondusif, Pasar Cileung­si melakukan berbagai cara. Salah satunya seperti melaku­kan counter dengan berita yang benar. “Maksimalkan penera­pan protokol pencegahan Covid-19 di pasar dan kompak dengan pedagang untuk me­nepis kabar hoaks,” terangnya.

Staf Pasar Cileungsi, Bayu, menambahkan, pihak Pasar Cileungsi akan melaporkan pelaku penyebar hoaks ke po­lisi. “Kita akan buat laporan ke Polsek Cileungsi. Jika tidak ditanggapi, kita akan laporkan ke Polres Bogor,” ujarnya.

Bayu menambahkan, pada Jumat (15/5) mereka sudah mendatangi Polsek Cileungsi. “Jumat saya sama kepala pasar sudah ke polsek buat laporan. Cuma bagiannya lagi nggak ada di tempat. Paling selambat-lambatnya hari Senin buat laporan lagi. Kalau memang dari polsek tidak ada tanggapan, baru kita ke polres,” paparnya.

Menurutnya, informasi hoaks tersebut membuat gaduh Pa­sar Cileungsi, sehingga me­reka meminta pelaku mem­pertanggungjawabkan per­buatannya.

Sebelumnya, media sosial dan grup WhatsApp dihebo­hkan dengan kabar pengunjung dan pedagang di Pasar Ci­leungsi terkonfirmasi positif Covid-19. Tak tanggung-tang­gung, narasi yang disebarkan mencatat ada 13 yang positif corona di lingkungan Pasar Cileungsi.

Kabar tersebut langsung di­bantah Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan. Ia memastikam bahwa kabar tersebut hoaks. Sebab, tak ada pengunjung maupun pedagang di Pasar Cileungsi yang sudah positif Covid-19.

Menurutnya, pada Jumat (15/5) berlangsung peme­riksaan dari petugas kesehatan Puskesmas Cileungsi bekerja sama dengan Gugus Covid TK Kecamatan Cileungsi. Petugas kesehatan juga memeriksa para pedagang dan pengunjung. (all/rb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *