Program Sejuta Masker Kain Masih Tumpul

by -

METROPOLITAN – Sejuta Masker Kain merupakan salah satu program yang diusung Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk menekan po­tensi penyebaran Covid-19 di Kota Hujan. Alih-alih mening­katkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya meng­gunakan masker di tengah wabah Covid-19, nyatanya program tersebut tidak bisa memberikan dampak seperti yang diharapkan.

Hal itu diperparah dengan minimnya kesadaran masy­arakat untuk tetap mengguna­kan masker saat beraktivitas di luar rumah. Ketua Tim PKK Kota Bogor, Yane Ardian, tak menampik jika masih banyak masyarakat yang belum sadar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Salah satu faktor terbesar ting­ginya angka pelanggaran masker, lantaran minimnya kesadaran dan kepercayaan masyarakat akan pentingnya pakai masker untuk cegah penularan Covid-19.

”Banyak masyarakat yang mengaku tidak nyaman pakai masker, ini juga kan masalah. Sedangkan jumlah masyara­kat beraktivitas di luar rumah masih banyak, tapi di satu sisi mereka tidak mengguna­kan masker kan repot juga,” katanya. Tak hanya itu, peran pengawasan masyarakat juga dinilai minim. ”Saat ini masy­arakat belum banyak yang menjadi pengawas gerakan masker kain, jadi menunggu aparat yang menindak,” ujarnya.

Yane berharap masyarakat bisa lebih mengerti dan paham pentingnya penggunaan mas­ker dalam menekan potensi penyebaran Covid-19 di Kota Bogor. ”Seberapa pun banyaknya masker disebar ke masyarakat, bila kepatuhan dan kesadaran menggunakan masker kurang, ini tidak akan optimal. Maka dari itu, kesadaran masyarakat sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Ba­gian Operasional Polresta Bogor Kota, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, mengatakan, sejak diberlakukannya PSBB di Kota Hujan, total 2.682 pe­langgaran terjadi. ”Itu total keseluruhan dari PSBB tahap satu, dua dan tiga,” katanya.

Dari jumlah pelanggaran tersebut, menurut istri Bima Arya ini, pelanggaran tidak menggunakan masker saat berkendara dan beraktivitas di luar rumah menjadi pelang­garan terbanyak. ”Dari 2.682 pelanggaran, tidak mengguna­kan masker ada 916 pelanggar selama masa PSBB berlangs­ung,” ujarnya. (ogi/b/rez/py)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *