Siap-siap, PPDB SMKN 4 Bogor Dibuka

by -

METROPOLITAN – Walaupun wabah corona belum musnah, seluruh SMA dan SMK ne­geri yang ada di Kota Bogor saat ini sedang mempersiap­kan diri untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat pun telah mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) PPDB itu yang men­jadi acuan sekolah.

Salah satu SMK negeri yang sudah mempersiapkan diri adalah SMKN 4 Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, yang sudah selesai melaksanakan sosialisasi teknis PPDB ke SMP dan MTs. ”Kami sudah selesai melaksanakan sosialisasi ke­pada para kepala SMP dan MTs,” ujar Kepala SMKN 4 Kota Bogor Joni Alwis.

Sejak keluarnya juknis PPDB 2020, pihaknya terus berupaya mempermudah proses PPDB di SMKN 4 Kota Bogor. Ter­masuk menyesuaikan dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), se­hingga masyarakat atau orang tua calon peserta didik yang ingin datang ke sekolah tetap merasa aman. ”Kita akan terus berupaya untuk memformu­lasikan dulu yang terbaik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMKN 4 Bogor Arief Rudiana berharap sekolah asal dapat membantu siswanya untuk melanjutkan ke jenjang berikut­nya. Khususnya dalam meng-update atau mengunggah dokumen berupa nilai rapor, surat keterangan lulus sebagai pengganti ijazah dari sekolah yang bersangkutan dan per­syaratan lainnya. Upaya itu dilakukan untuk menghin­dari potensi kerumunan di sekolah. Selain itu, proses men­gurus rekomendasi prestasi juga cukup dilakukan lewat sistem daring. Aplikasi di sistem PPDB sudah disiapkan untuk memverifikasi prestasi calon peserta didik, sehingga me­reka bisa memperoleh rekomen­dasi tanpa perlu datang ke kantor Dispora.

Bagi calon peserta didik mau­pun orang tua atau wali murid, tambah Arief, diminta men­cermati tiap poin dalam juknis. Jika ada pertanyaan, bisa di­ajukan lewat posko PPDB secara daring. Sebab untuk PPDB tahun ini, Disdik Pro­vinsi Jabar tidak melayani komunikasi langsung di kan­tor maupun di sekolah. Hanya dilakukan secara online.”Kami selalu standby di kantor dan memberikan jalur tanya jawab. Posko PPDB tetap disiapkan, tapi pelayanan lewat online. Upaya ini untuk mengurangi kerumunan,” terangnya.

Untuk tahun pelajaran 2020/2021 ini, SMKN 4 me­nyiapkan empat jurusan, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR/Oto­motif), jurusan Rekayasa Pe­rangkat Lunak (RPL) dan jurusan Teknik Fabrikasi Logam (TFL). Kuota yang dibutuhkan sekitar 356 siswa atau kelas 10. (do/ar/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *